Bupati Buka Jambore Cabang IV Gerakan Pramuka Sumbawa Barat

Sumbawa Barat – Penapewarta

Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin, MM pada minggu (12/06) resmi membuka Jambore Cabang ke Empat Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Sumbawa Barat. Kegiatan yang berlokasi di Bumi Perkemahan KTC tersebut akan berlangsung hingga 16 Juni 2022.

Dalam laporan kegiatan, Muksen, S.Pd selaku ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan tersebut mengambil tema “Wujudkan pramuka yang bergembira, berkreasi dan berkarakter”. Kegiatan Jambore diikuti oleh pramuka penggalang utusan dari seluruh Kwartir Ranting se Kabupaten Sumbawa Barat. Jumlah keseluruhannya sebanyak 658.

Jambore ini dilaksanakan sebagai upaya mencapaian tujuan gerakan pramuka, yaitu pengembangan sumber daya pramuka meliputi ranah spiritual, emosional, sosial, intelektual, fisikal, dengan menggunakan pendekatan Edukatif, Kreatif, Produktif, Rekreatif, Inovatif, Kompetitif. Kegiatan pun dilaksanakan dalam beberapa paket yaitu Paket keterampilan dan peminatan yang bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepramukaan yang tebaru untuk diikuti oleh peserta Jamcab IV 2022.

Tujuan lainnya, yaitu Paket global development village untuk memberikan pengetahuan dan wawasan terhadap perkembang dunia pada peserta Jamcab IV 2022. Sementara Paket teknologi seni dan budaya bertujuan memberikan pengetahuan dan wawasan tentang teknologi informasi dan teknologi terbaru dan memperkenalkan budaya dan tradisi yang ada di Sumbawa Barat. Paket selanjutnya yaitu Paket outbond petualangan yang bertujuan untuk melatih kepercayaan diri peserta jamcab dalam menghadapi segala ujian dan rintangan serta proses pencarian pengalaman melalui alam terbuka. Paket selanjutnya yaitu Paket kegiatan keagamaan yang diisi dengan kegiatan halaman qur’an yang akan dikuti peserta dari seluruh kwartir ranting dalam rangka menggalang gemar baca Al quran sebagi pondasi membangun akhlak mulia. Paket yang ke tujuh yaitu Paket kegiatan karnaval, ke delapan Paket festival Kuliner.

Bupati Sumbawa Barat dalam sambutannya menekankan pada membentuk kareakter generasi Sumbawa Barat sangat efektif dalam gerakan pramuka.

“Saya berharap melalui kegiatan Jambore Cabang tahun 2022 ini, pelaksanaan program kerja pengurus dapat menjadi salah satu bukti nyata dalam menggerakkan gugus depan yang ada di sekolah – sekolah yang tersebar di seluruh Kecamatan di Kabupaten Sumbawa Barat. Hal ini sangat penting sebagai upaya dalam membangun minat para Pelajar, Pemuda dan Mahasiswa untuk terlibat aktif dalam Pramuka. Kepada para Kepala Sekolah di Kabupaten Sumbawa Barat, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat lanjutan untuk turut berperan serta mendukung pencapaian tujuan gerakan pramuka khususnya di sekolah. Galang terus persaudaraan dan persahabatan diantara sesama gerakan pramuka, jadikan ini sebagai modal bagi terciptanya kerukunan dan harmoni dalam kemajemukan bangsa melalui berbagai kegiatan yang berkesinambungan mulai dari tingkat gugus depan, tingkat ranting, tingkat Daerah dan Nasional,” kata Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menekankan agar terus membangun semangat gotong royong. “Bangun terus semangat gotong royong, ciptakan kerja-kerja kolaboratif, partisipatif, dan sinergitas dalam mencapai tujuan. Saya yakin, dengan semangat ikhlas, jujur, sungguh – sungguh, Kwartir Cabang Pramuka Sumbawa Barat akan terus berjaya di masa yang akan datang,” tandas Bupati (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *