Bupati KSB Raih Rekor MURI Tuntas 5 Pilar STBM

Sumbawa Barat – Penapewarta

Bupati Sumbawa Barat, Dr. ir. H W Musyafirin, MM berhasil meraih rekor dari Musem Rekor Dunia Indonesia (MURI) karena berhasil menuntaskan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dibumi Pariri Lema Bariri.

Penganugerahan rekor MURI nomor 10061/R.MURI/X/2021 tersebut, diterima langsung oleh Bupati KSB dari Manager Operasional MURI, Andre Purwandono SS, di Gedung Hanipati Taliwang. Kamis (14/10/2021). Ikut Hadir dalam penganugrahan, Forkopimda NTB, Forkopimda KSB dan tamu undangan lainnya.

“Sejatinya, penghargaan ini merupakan prestasi seluruh elemen masyarakat yang diraih atas kerjasama semua pihak. Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran forkopimda, ASN, PTT dan masyarakat yang telah mendukung program ini. Penghargaan ini bukan semata mata simbol, tapi ini bentuk komitmen kita bahwa, 5 pilar STBM tetap berlanjut di Kabupaten Sumbawa Barat,” kata Bupati KSB dalam sambutanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga memaparkan keberadaan dan keterlibatan agen Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) dalam tuntas 5 pilar STBM. PDPRG ini merupakan salah satu formulasi untuk memastikan subsidi setiap program bisa dimaksimalkan.

“Penerapan STBM membutuhkan komitmen yang kuat. Oleh karenanya, meski telah tuntas dan mendapatkan pengakuat MURI, Pemerintah bersama semua stakeholder harus mengawal program hingga betul betul mengakar di masyarakat. Contohnya seperti penerapa pilar 4 pengelolaan Sampah dan pilar 5 pengelolaan limbah cair rumah tangga. Ini akan ditopang dengan peningkatan armada, serta kesadaran agen PDPGR dan masyarakat untuk terus menjaga keberlangsungan STBM dari pilar 1 hingga 5,” imbuh Bupati.

Untuk diketahui, Bupati KSB merupakan kepala daerah pertama yang mendapat penghargaan Museum Rekor Dunia – Indonesia dan Sumbawa Barat merupakan kabupaten pertama di Indonesia yang tuntas 5 pilar STBM (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *