Cegah Ilegal Loging, Kodim 1628/SB dan Tim Gabungan Gelar Patroli di Hutan Seteluk

Penapewarta – Sumbawa Barat

Kodim 1628/Sumbawa Barat (SB) bersama Polri dan Dinas Kehutanan serta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbawa melaksanakan patroli di Kawasan hutan Kecamatan Seteluk pada Kamis (24/10).

Dalam patroli kali ini, tim gabungan melakukan pengecekan dan swiping di beberapa titik yang dicurigai adanya aktifitas pembalakan liar.

Komandan Kodim 1628/SB melalui Pasi Intel, Lettu Inf Zainul Fahri mengatakan, mencegah adanya kerusakan hutan di kecamatan seteluk merupakan tujuan utama di gelarnya patroli gabungan. Patroli sangat penting untuk dilaksanakan, mengingat semakin hari kerusakan hutan di Sumbawa Barat terlihat semakin parah.

” Patroli diawali di kawasan hutan Desa rempe, kemudian bergeser menuju kawasan hutan Desa Air Suning dan berlanjut ke kawasan hutan Desa Senanyan. Selanjutnya patroli bergeser ke kawasan hutan Desa Seran dan terakhir menuju kawasan hutan Desa Sampar Kapuk, ” jelas Lettu Inf Zainul Fahri.

Selama kegiatan patroli, tidak ditemukan adanya aktifitas atau hal hal yang menonjol di dalam kawasan hutan. Meski demikian, Lettu Inf Zainul Fahri berharap agar seluruh komponen masyarakat dapat bekerjasama, mempertahankan dan menyelamatkan hutan dengan cara, tidak melakukan pembalakan liar.

Lebih lanjut Zainul Mengingatkan pentingnya keberadaan hutan bagi kehidupan semua mahluk yang ada di muka bumi, terutama bagi kehidupan manusia. Menjaga kelestarianya, dengan menghentikan aktivitas illegal loging atau pembalaksan liar merupakan salah satu cara yang harus dilakukan guna menjaga dan melestarikan hutan di kecamatan Seteluk.

” Kami berharap kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di sekitar kawasan hutan Kecamatan Seteluk, untuk dapat bekerjasama dalam upaya pelestarian hutan dengan tidak melakukan aktivitas yang dapat merusak hutan seperti alih fungsi lahan. Kami juga berjarap agar masyarakat dapat mencegah para pelaku illegal loging, Mari kita jaga keberadaan hutan kita demi kelangsungan hidup seluruh mahluk yang ada di muka bumi ini, khususnya demi kelangsungan hidup anak cucu kita kedepan, karena tanpa hutan kehidupan didunia ini akan menjadi hancur, selamatkan dunia dengan cara kita selamatkan hutan kita, ” tutup Lettu INF. Zainul Fahri. (P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *