KPU KSB Selenggarakan Tes Tertulis 432 Calon PPS di 4 Lokasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menyelenggarakan tes tertulis calon Panitia Pemungutan Suara (PPS). Diikuti sebanyak 432 peserta, kegiatan dilaksanakan di empat lokasi pada Rabu (04/03/2020).

KPU KSB melalui Koordinator devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Herman Jayadi, mengatakan, pelaksanaan tes tertulis calon PPS dilaksanakan serentak di empat lokasi. Yaitu di SMAN 1 Taliwang untuk peserta dari Kecamatan Taliwang, Jereweh dan Brang Ene. SMKN 1 Maluk untuk Kecamatan Maluk dan Sekongkang. SMAN 1 Seteluk untuk Kecamatan Seteluk dan Poto Tano serta SMPN 1 Brang Rea untuk Kecamatan Brang Rea.

” Saat ini kami sedang melakukan pemeriksaan hasil tes tulis. Dilakukan selama dua hari mulai dari tanggal 5 hingga 6 Maret, ” kata Herman Jayadi. Kamis (05/04/2020).

Hasil tes tertulis dari ratusan peserta yang berasal dari 64 desa/kelurahan yang ada di Sumbawa Barat ini, rencananya akan diplenokan pada 6 maret 2020, dan selanjutnya diumumkan pada keesokan harinya.

” Sesuai Jadwal hasil tes tertulis calon anggota PPS akan diumukan pada tanggal 7 April 2020, ” jelasnya.

Dalam penerimaan calon anggota PPS, KPU KSB mencatat sebanyak 475 peserta yang mendaftarkan diri. Hasil dari verifikasi administrasi, 4 orang dinyatakan tidak lolos dan 471 orang berhak untuk mengikuti tahapan selanjutnya yaitu tes tertulis.

” TesTertulis hanya diikuti oleh 432 peserta. karena sebanyak 39 peserta tidak datang waktu pelaksanaan tesnya, ” imbuhnya.

Terpisah, Ketua KPU KSB, Denny Saputra, menegaskan, dalam pelaksanaan tes tertulis, selain diawasi langsung oleh Komisioner KPU KSB, juga oleh Bawaslu KSB, Panwascam setempat, Babinkamtibmas serta anggota Panitia Pemilihan Kecamatan. Pengawasan oleh banyak pihak ini dilakukan guna menjaga transparansi dan penyelenggaraan perekrutan yang akuntabel, bermartabat dan berintegritas. Adapun lembar soal dan jawaban yang lebih dan tidak terpakai, langsung di musnahkan dan turut disaksikan olehperwakilan peserta dan pihak sekolah.

‘’ Kami berharap anggota PPS yang terpilih nanti adalah Putra/i terbaik Sumbawa Barat yang memiliki Kapasitas, Kapabilitas serta Integritas yang tinggi agar dapat selaras dengan cita-cita KPU Kabupaten Sumbawa Barat yaitu, Penyelenggara Pemilu Berintegritas, KSB Bermartabat,’’ tandas Denny Saputra. (P01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *