Pilkada Ditengah Pandemi, Polres KSB Ajak Insan Pers Beri Edukasi Pada Masyarakat

Sumbawa Barat – Penapewarta

Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menggelar silaturrahmi dengan insan pers pada Rabu (30/09) siang. Dalam kegiatan yang juga dihadiri dua unsur Forkopimda KSB, Kodim 1628/SB dan Kejaksaan Negeri (Kejari) membahas sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan pilkada di tengah pandemi Covid-19.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Herman Suriyono, S.Ik, MH mengatakan, Pandemi Covid-19 masih menghantui wilayah Sumbawa Barat. Kondisi ini menjadi perhatian khusus Jajaran Polres, Kodim 1628/SB dan Kejari karena sejumlah tahapan Pilkada Sumbawa Barat harus dipastikan terlaksana sesuai dengan protokol kesehatan.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Herman Suriyono, S.Ik, MH

“Saat ini Pilkada Sumbawa Barat sudah memasuki tahapan Kampanye. Forkopimda terus melakukan pengawalan dan pengamanan, memastikan setiap tahapan terlaksana sesuai protokol kesehatan,” kata Kapolres, saat silaturahmi dengan wartawan di lantai II Kedai Sawah, Taliwang.

Sesuai PKPU nomor 13 tahun 2020, terdapat beberapa hal yang tidak boleh dilakukan selama kampanye di tengah pandemi covid-19. Aturan Ini harus diperhatikan dan dipatuhi oleh setiap calon kepala daerah dan partai politik jika tidak ingin kegiatannya dihentikan dan dibubarkan.

“Peran insan pers sangat penting dalam menyampaikan informasi ini. Dan tak kalah penting untuk terus memberi edukasi kepada masyarakat terkait pilkada dan mematuhi protokol kesehatan,” jelas Kapolres.

Kapolres menambahkan, Pilkada kali ini membutuhkan kerja ekstra dari jajaran Forkopimda. Pandemi covid-19 telah memaksa KPU KSB untuk menambah jumlah TPS, dan ini berimbas pada peningkatan jumlah penempatan personil polri dan TNI. Rencananya akan ada bantuan pengamanan dari kesatuan Brimob.

Dandim 1628/SB, Letkol Czi, Sunardi,ST,M.IP

Sementara itu, Dandim 1628/SB, Letkol Czi, Sunardi,ST,M.IP menegaskan, Pilkada Sumbawa Barat harus dapat terlaksana dengan lancar, aman dan sehat. Untuk mewujudkannya, diperlukan kerjasama semua stake holder. Mematuhi aturan akan melancarkan setiap tahapan pilkada, kolaborasi yang harmonis akan menciptakan kondusifitas daerah dan penerapan protokol kesehatan akan menciptakan pilkada sehat tanpa harus takut munculnya klaster baru covid-19.

“Mari kita bersinergi untuk menjaga keamanan dan kondusifitas KSB, agar pilkada berjalan lancar, aman dan sehat,” ajak Dandim

Kajari KSB, Nusirwan Sahrul, SH, MH

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) KSB, Nusirwan Sahrul, SH, MH memberi apreasiasi kegiatan yg diprakarsai pihak polres. Menurutnya silaturrahmi Forkopimda dengan para insan pers mesti terus dijaga dan diharapakan kepada setiap insan pers untuk terus berkarya, memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat.

“Media merupakan sarana paling efekti dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Semoga silaturrahmi ini terus Ini terjaga dan semoga kita semua tetap mengedepankan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan covid-19 dan pilkada dapat berjalan lancar aman dan sehat,” tandas Kajari. (P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *