Satgas Covid-19 KSB: ODP Berkurang, Pelaku Perjalanan 341 Orang

Penapewarta – Sumbawa Barat

Jumlah pasien Kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dilaporkan mengalami penurunan, semula Kamis (26/03) sebanyak 32 orang, menjadi 30 orang. Minggu (29/03).

Juru bicara Satgas Covid-19 KSB, H.Tuwuh, mengatakan, penurunan jumlah pasien ODP disebabkan berakhirnya masa karantina selama 14 hari, dan yang bersangkutan tidak menunjukkan gejala dan dinyatakan sehat.

“Dari 30 ODP yang tersisa, 8 diantaranya baru pulang dari luar negeri. Mereka terus dipantau untuk memastikan perkembangan kesehatannya,” kata H Tuwuh.

Selain kepada ODP, pemantauan juga dilakukan terhadap ratusan pelaku perjalanan dari daerah terjangkit. Pelaku perjalanan yang rata-rata mahasiswa ini mencapai sekitar 341 orang, dan mereka telah melewati penjaringan awal pemeriksaan kesehatan di posko 24 jam pencegahan covid-19 Poto Tano, di kecamatan Poto Tano.

“khusus untuk pemantauan dan pengawasan pelaku perjalanan, kami membutuhkan kerjasama semua pihak. Utamanya para orang tua, lurah,kepala desa, RT, babinsa dan babinkamtibmas untuk melihat dan melaporkan perkembangan kesehatan mereka. Jika ada gejala segera laporkan kepada petugas kesehatan,” pesanya.

Ia menambahkan, terhitung 1 Februari – 29 Maret 2020, tercatat sebanyak 446 orang yang telah diperiksa kondisi kesehatannya. Pemeriksaan dilakukan guna memastikan kesehatan yang bersangkutan dan sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 di bumi pariri lema bariri.

Adapun kondisi terkini kedua pasien yang berstatus Pasien Dalam Pemantauan (PDP) sudah cukup membaik. Tinggal menunggu hasil lab dari Rumah Sakit.

“Semoga di Sumbawa Barat tidak ada virus Corona dan semoga kesehatan kedua pasien PDP terus membaik,” demikian harapnya. (P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *