Sumbawa Barat Raih Anugerah Sebagai Kabupaten Informatif di Provinsi NTB

Mataram – Penapewarta

Dipenghujung tahun 2020, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kembali mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Informatif dengan nilai 90,15.

Atas prestasi ini, KSB mendapat piagam penghargaan yang diberikan langsung oleh Wakil Gubernur NTB Hj. Siti Rohmi Djalilah kepada Bupati Sumbawa Barat yang diwakili Sekretaris Daerah KSB H. A. Azis, S.H., M.H. di gedung Graha Bhakti Praja komplek perkantoran Gubernur Provinsi NTB. Senin (07/12).

Prestasi tersebut diraih setelah dilakukan Monitoring dan evaluasi (Monev) oleh Komisi Informasi NTB terhadap 104 Badan Publik di NTB termasuk seluruh Kabupaten/Kota se-NTB.

Empat indikator utama yang menjadi penilaian. Pertama, Pengembangan Website, kedua Pengumuman informasi Publik, ketiga, Pelayanan Informasi Publik, dan keempat adalah penyediaan Informasi Publik.

Dengan melibatkan tim penilai berkompeten yang terdiri dari komisioner Komisi Informasi NTB, Akademisi dari Unversitas Mataram dan NGO Somasi, Komisi Informasi pun menetapkan Kabupaten Sumbawa Barat bersama 4 kabupaten lainnya Sebagai Kabupaten Informatif. Predikat ini merupakan tingkatan tertinggi dalam keterbukaan informasi Publik.

Sekretaris Daerah KSB mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder yang telah bersama dan berkomitmen kuat untuk mewujudkan keterbukaan informasi di KSB, terutama PPID Utama yang mampu membangun sinergitas antar Badan Publik.

“Tentunya prestasi ini bukanlah akhir perjuangan. Kedepannya kita harus terus lakukan penyempurnaan untuk tetap mempertahankan prestasi ini”. Kata Sekda sebagai atasan PPID Utama.

Dalam melaksanakan amanat undang – undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi dibutuhkan peran serta seluruh stakeholder mulai dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama, PPID Organisasi perangkat Daerah, PPID desa/kelurahan, PPID sekolah, PPID Puskesmas dan tentunya masyarakat itu sendiri. (hm/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *