Tarian Isong Bale Semarakkan Perayaan HUT RI di Istana Negara

Jakarta – penapewarta

Salah satu tradisi yang terus dipertahankan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) adalah tradisi gotong royong membangun rumah. Tradisi dari bumi pariri lema bariri yang dikemas dalam tarian isong bale ini, diberi kepercayaan untuk tampil dalam pelaksanaan HUT RI ke 77 di Istana negara, jakarta (17/08).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir.H.W.Musyafirin.,MM mendampingi langsung tim Kesenian yang diberikan kepercayaan oleh Panitia Hari Besar Kemerdekaan RI. Tim kesenian yang menampilkan seni tari daerah dengan judul “Isong Bale” diperankan oleh sebanyak 100 seniman yang terdiri dari para pelajar, dan ibu – ibu yang memainkan perannya masing – masing sebagai penari, pemusik, dan penembang lagu.

Menjelang upacara penurunan Bendera, terdapat beberapa tarian daerah yang ditampilkan pada kesempatan tersebut, yaitu tarian daerah aceh, dan tarian daerah Isosolo dari Jayapura. Saat kesematan Kabupaten Sumbawa Barat, tim tari tampil memukau dihadapan para tamu undangan. Nampak para penari memainkan gerakan yang terdiri dari gerakan tari kolong, tari kebo, tari barinas, dan tari kenre pasakomong, yang diikat menjadi satu kesatuan judul tari yaitu tarian Isong Bale.

Tarian yang berdurasi 12 menit tersebut, menggambarkan semangat gotong royong masyarakat Sumbawa Barat dalam keseharian. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa tema tarian Isong Bale, tampil bersama 4 kesenian lainnya. materi yang ditampilkan serta makna yang terkandung di dalam tarian isong bale mencerminkan nilai nilai kebersamaan dan gotong royong di dalam masyarakat yang merupakan sari pati dari nilai –nilai luhur kehidupan masyarakat bangsa Indonesia. Gotong royong dianggap sebagai perekat semangat kebangsaan untuk mampu kembali bangkit dari keterpurukan setelah wabah Covid 19.

Dengan perpaduan kostum kuning dan merah, para penari berusaha memainkan perannya masing – masing, dan berupaya memberi makna terhadap masing – masing gerakan yang mereka tampilkan. Dengan hentakan irama gong genang diikuti tiupan suara serunai, turut meramaikan suasana perhelatan peringatan peringatan HUT RI ke 77 tersebut.

Bupati Sumbawa Barat dalam kesempatan tersebut dapat menyaksikan langsung bersama para tamu undangan lainnya. Tim tari yang telah mempersiapkan dirinya sejak satu bulan sebelum keberangkatannya menuju Jakarta tersebut, akhirnya berhasil menyuguhkan penampilan terbaiknya dihadapan para tamu undangan. (Kerjasama dengan Diskominfo KSB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *