Tingkatkan Kebersihan Lingkungan, Kelurahan Sampir Sebar 431 Tempat Sampah

Penapewarta – Sumbawa Barat

Sebanyak 431 tempat sampah dipasang disepanjang ruas jalan dan gang Kelurahan Sampir kecamatan Taliwang. Tujuan utama pemasangan ini, mengajak masyatakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan.

Tak hanya dititik ruas jalan dan gang dalam kelurahan, pemasangan bak sampah juga dilakukan hingga ke jalan disekitar danau Lebo lingkungan Fakirum. Pemasangan di jalan sekitar danau dianggap penting dan diharapkan para pengunjung bisa menfaatkan keberadaan bak sampah tersebut.

” Bak sampah yang dipasang terdiri dari tiga jenis penampungan, yang warna hijau untuk penampungan sampah organik, warna kuning untuk non organik dan warna merah untuk sampah B3, ” kata Lurah Sampir, Syarifuddin, S.Ap, saat ditemui diruang kerjanya. Kamis (26/12/2019).

Adapun bak sampah yang terbuat dari bahan fiber tersebut, diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat dengan menempatkan jenis sampah sesuai dengan penampungan tersedia. Pemisahan ini penting guna mempermudah pemanfaatanya, baik untuk kebutuhan kompos maupun daur ulang.

Warna hijau yang bertuliskan organik untuk menempatkan sampah seperti daun-daunan atau bekas sayur dan sejenisnya. Warna kuning bertuliskan non organik untuk menempatkan sampah seperti plastik atau botol kemasan air mineral, sementara warna merah bertuliskan B3 untuk menempatkan sampah seperti kaca, gelas beling, bekas sabun atau detergen dan obat nyamuk.

” Diseluruh wilayah kelurahan Sampir, khususnya di pemukiman penduduk diupayakan untuk menempatkan bak sampah. Selain mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan, pemasangan tempat sampah tiga warna tersebut juga bertujuan untuk mensukses salah satu program pemerintah daerah, yakni program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), ” tandas Lurah Sampir.

Untuk diketahui, Lomba kebersihan tingkat Kabupaten Sumbawa Barat pada bulan Mei lalu, telah menghantarkan Kelurahan Sampir Sebagai Juara pertama. Atas prestasi tersebut kelurahan dengan jumlah penduduk yang cukup padat ini mewakili Sumbawa Barat di tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada bulan Juni 2019 dan berhasil meraih juara III.

prestasi yang cukup membanggakan ini patut dipertahankan dan diupayakan untuk ditingkatkan. Salah satu upaya tersebut dengan memasang tempat sampah disepanjang jalan utama dan gang kelurahan hingga disepanjang bantaran sungai. (P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *