5031 Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala di KSB Selesai Karantina Mandiri

Penapewarta – Sumbawa Barat

Gugus tugas Covid-19 Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mencatat, hingga Minggu (10/05/2020) terdapat sebanyak 5684 Pelaku Perjalan Tanpa Gejala (PPTG) telah tiba di Bumi Pariri Lema Bariri. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5031 PPTG telah menyelesaikan karantina mandiri, dan 653 PPTG lainnya masih dalam proses karantina mandiri.

“Dari jumlah PPTG yang masih karantina, sebanyak 6 orang karantinannya dilakukan di rumah isolasi khusus, dan saat ini semuanya dalam keadaan baik. Sementara untuk PPTG lainnya karantina dilakukan di rumah masing-masing,” terang Sekretaris Daerah selaku Ketua Pelaksana Harian gugus Tugas Covid-19 KSB, H. A. Azis, SH, MH.

Dijelaskan, selama menjalani isolasi mandiri di rumah, setiap PPTG selalu di diawasi dan pantau perkembangan kesehatannya. Terlebih kepada PPTG di rumah isolasi khusus, pengawasan dan layanan kesehatan lebih ditingkatkan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Terima kasih kepada masyarakat yang pulang dari daerah transmisi lokal/terjangkit yang telah dengan kesadaran sendiri melakukan karantina mandiri dirumah masing-masing selama 14 hari,” jelasnya.

“Dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua komponen Gugus Tugas tingkat Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan Desa, serta petugas kesehatan yang tanpa lelah memberikan pelayanan, baik pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat maupun pelayanan pengobatan kepada pasien positif covid-19,” sambungnya.

Hingga hari, gugus tugas covid-19 KSB juga mencatat, jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 118 dan telah dilakukan Rapid Test dengan hasil 114 Non Reaktif dan 4 Orang Reaktif. Saat ini sedang menjalani Karantina di Rumah Isolasi Khusus 2 orang, Karantina Mandiri dirumah 17 orang dan 99 orang sudah selesai menjalani Karantina mandiri dirumahnya.

Adapun jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 133 orang dengan rincian masih dalam pemantauan 2 orang dengan kondisi baik dan selesai pemantauan 131 orang. Semntara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 8 orang dan telah selesai pengawasan.

“Untuk 2 orang dengan Konfirmasi Covid-19 yang ditempatkan di rumah isolasi khusus, saat ini kondisinnya baik tanpa keluhan,” tandas H A Azis. (P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *