Antisipasi Virus Corona, Dua Warga KSB Dalam Pantauan Tim Kesehatan

Penapewarta – Sumbawa Barat

Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tengah melakukan pantauan terhadap dua warga Sumbawa Barat yang diketahui baru pulang dari luar negeri.

Kepala Dikes KSB, H Tuwuh, mengatakan, pengawasan dilakukan guna memastikan jika kedua warga tersebut tidak terinfeksi virus Corona.

” Pengawasan dilakukan selama dua minggu, dan saat ini kondisi keduanya sudah cukul normal, ” kata H Tuwuh di Taliwang. Selasa (03/03/2020)

Selama dalam pantauan, kedua warga tersebut tidak diperkenankan meninggalkan rumah. Ini dilakukan untuk mempermudah petugas medis memberikan pengobatan sekaligus pemantauan kondisi kesehatannya.

Data Dikes KSB, Kedua warga tersebut beralamat di kecamatan Seteluk. Keduanya saat tiba dikampung halaman, salah satunya diketahui terkena flu.

” Pantauan dilakukan untuk memastikan jika keduanya tidak terinfeksi. Ini juga dilakukan kepada setiap pendatang, terutama Warga Negara Asing (WNA) yang datang ke Sumbawa Barat, ” jelas H Tuwuh.

Ia menambahkan, meski telah melalui pantauan tenaga kesehatan di Bandara oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), setiap pendatang akan dipantau kembali oleh Dikes KSB dengan melibatkan pihak terkait. Pantauan merupakan keharusan, guna memastikan kondisi kesehatan tiap pendatang atau dengan kata lain memastikan bahwa yang bersangkutan tidak terjangkit virus berbahaya, virus corona.

” Saat ini, RSUD Asy Syifa telah menyiapkan satu ruangan khusus, akan digunakan jika ditemukan adanya pasien yang terinfeksi, ” tandas H Tuwuh. (P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *