Ratusan Mahasiswa Poltekes Kemenkes Mataram Ikuti KKN Terpadu IPE 2020

Penapewarta – Mataram

Tahun ini, Kampus Politeknis (Poltekes) Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Mataram melepas 598 mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan program Kulia Kerja Nyata (KKN) Terpadu Inter Profesional Education (IPE) di 54 Puskesmas di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Ratusan peserta KKN tersebut, merupakan mahasiswa dari program studi (prodi) Keperawatan Bima D-III sebanyak 95 orang dan D-IV sebanyak 53 orang, Prodi Keperawatan Mataram D-III sebanyak 44 orang dan D-IV sebanyak 35 orang, Prodi Kebidanan D-III sebanyak 72 orang dan D-IV sebanyak 57 orang, Prodi Analis D-III sebanyak 49 orang dan D-IV sebanyak 46 orang serta Prodi Gizi D-III sebanyak 88 orang dan D-IV sebanyak 59 orang.

Untuk sebaran mahasiswa KKN di 54 Puskesmas di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, tiap puskesmas akan diisi 10–13 orang mahasiswa dari jurusan yang berbeda dan didampingi oleh 2 dosen pembimbing lapangan dan 1 orang pembimbing lahan, dalam hal ini adalah Kepala Puskesmas setempat.

Berikut rincian sebaran mahasiswa KKN di puskesmas se Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.
Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sebanyak 5 Puskesmas, yakni Maluk, Sekongkang, Taliwang, Brang Rea dan Brang Ene.

Kabupaten Sumbawa sebanyak 7 Puskesmas, yakni Puskesmas Unit I, Unit II, Labuhan Badas, Unter Iwes, Moyo Utara, Moyo Hilir dan Rhee.

Kabupaten Dompu sebanyak 5 Puskesmas, yakni Puskesmas Dompu Timur, Dompu Kota, Dompu Barat, Soriutu dan Ranggo.

Kabupaten Bima sebanyak 5 Puskesmas, yakni Woha, Belo, Palibelo, Bolo dan Monta.

Kota Bima sebanyak 5 Puskesmas, yakni Asakota, Penanae, Rasanae Timur, Mpunda dan Puskesmas Paruga.

Kota Mataram sebanyak 5 Puskesmas, yakni Ampenan, Tanjung Karang, Karang Taliwang, Cakranegara dan Babakan.

Kabupaten Lombok Barat sebanyak 5 Puskesmas, yakni Banyumulek, Kuripan, Narmada, Gunung Sari, Puskesmas Meniting.

Kabupaten Lombok Utara sebanyak 5 Puskesmas, yakni Pemenag, Nipah, Tanjung, Gangga dan Kayangan.

Kabupaten Lombok Tengah sebanyak 5 Puskesmas, yakni Ubuh, Puyung, Praya, Aikmual dan Puskesmas Mantang.

Kabupaten Lombok Timur sebanyak 7 Puskesmas, yakni Terara, Sikur, Masbagik, Pringgasela, Dasan Lekong, Denggen dan Selong.

Kuliah Kerja Nyata Terpadu IPE Poltekes Kemenkes Mataram Tahun 2020 dilaksanakan pada tanggal 24 Februari s/d 14 Maret 2020, dengan rangkaian kegiatan KKN, yang diawali dengan rapat koordinator (panitia) pada 24 Januari 2020, rapat koordinasi di Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten Se – NTB pada tanggal 3 – 14 Februari 2020, pelepasan mahasiswa KKN tanggal 28 Februari 2020, pelaksanaan KKN dilapangan tanggal 02 – 14 Maret 2020 dan penarikan mahasiswa KKN dan evaluasi KKN pada tanggal 14 Maret 2020.

Adapun manfaat yang dihadapi peserta KKN Terpadu IPE, yakni memberikan umpan balik untuk bahan penyempurnaan sistem pendidikan tinggi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Para staf pengajar akan memperoleh berbagai kasus yang dapat dipergunakan sebagai study lebih lanjut, serta mempererat dan meningkatkan kerjasa antara Poltekkes Mataram Kemenkes RI sebagai pusat ilmu pengetahuan dibidang kesehatan.

Sedangkan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat, yakni memperoleh bantuan tenaga dan pikiran untuk merencanakan serta melaksanakan pembangunan kesehatan, cara berpikir, bersikap dan bertindak yang lebih meningkat sejalan dengan program pembangunan kesehatan. Memperoleh perubahan-perubahan yang diperlukan bagi peningkatan pembangunan kesehatan, serta terbentuknya kader-kader yang akan menjadi penerus pembangunan kesehatan. (P.06)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *