Bupati KSB Terima Penghargaan Sebagai Pemimpin Visoner Indonesia

Penapewarta – Sumbawa Barat

Bupati Sumbawa Barat, Dr.Ir. H. W Musyafirin, MM menerima penghargaan Sebagai Pemimpin Visoner Indonesia 2019 oleh media Sindo Indonesia.

Penghargaan diberikan langsung oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Drs. Akmal Malik, M.Si dalam Malam Inagurasi Indonesia Visionary Leader (IVL) Sesion V dan VI, di Lido Lake Resort, Bogor, Jawa Barat (27/02/20).

Penghargaan ini juga diterima oleh 23 Bupati, Gubernur dan Walikota lainnya. Penghargaan diberikan atas hasil dari pengujian berupa presentasi visi Kepala Daerah pada bulan Oktober dan November 2019. Sebagai panelis untuk menilai adalah Kepala Dirjen Otda Kemendagri, Ketua Pembina Indonesia Institute for Corporate (IICD) Ir. Andil Ilham Said, MSOM., P.hd, Rektor Universitas Paramadina Prof. Firmanzah, S.E., M.M., M.Phil., P.hd, dan Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute Dr. Gun Gun Heryanto, M.Si.

Kategori penghargaan yang diterima Bupati Sumbawa Barat adalah Kepala Daerah dengan Inovasi Terbaik Kebijakan Pendekatan Gotong Royong (The Best Innovation of Gotong Royong Approach Policy).

Dalam Inagurasi, Ditjen Otda Kemendagri dan SINDO Media merilis Buku IVL 6 berjudul Memacu Visi Menuju Kedigdayaan Investasi. Buku setebal 158 halaman itu memuat visi 12 Kepala Daerah yang masuk dalam IVL 6, termasuk visi Bupati Sumbawa Barat Membumikan Gotong Royong Menuju Program Kerakyatan. Dari halaman 129 sampai 139, Bupati menguraikan Gotong Royong adalah instrumen atau alat dalam pembangunan di KSB. Gotong Royong telah diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2016 tentang Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong.

Ceo SINDO Media, Sururi Alfaruq dalam sambutannya mengatakan, IVL V dan VI ini merupakan penyelenggaraan tahun ketiga. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai kontribusi SINDO Media untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang visi yang luar biasa sejumlah Kepala Daerah dalam memajukan masyarakat dan daerahnya. Dengan demikian diharapkan Kepala Daerah lainnya termasuk generasi muda untuk memunculkan ide atau visi untuk membangun daerahnya dan juga negara.

Inspektur Jenderal Kemendagri Dr. Tumpak Haposan Simanjuntak yang hadir pada acara tersebut berharap prestasi yang diraih Kepala Daerah dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Diharapkan visi Kepala Daerah yang luar biasa tidak hanya menghasilkan daerah yang maju, namun juga diikuti dengan mantapnya sistem birokrasi.

Sebelum malam inagurasi, para Kepala Daerah melaksanakan diskusi “Local Leader Forum”. Membahas Hambatan dan Tantangan Reformasi Birokrasi Dalam Mendorong Investasi 2020. Sebagai narasumber adalah Komisioner KPK, Bapak Dr. Nurul Gufron, S.H., M.H dan Sekretaris Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Bapak Didi Sudiana, S.E., M.M. Hadir pula sejumlah akademisi, Ceo SINDO Media Sururi Alfaruq, Pimpinan Redaksi Koran SINDO Djaka Susila dan manajemen SINDO Media lainnya. Hadir mendampingi Bupati, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Amar Nurmansyah, S.T., M.Si, Kepala Dinas PUPRPP, Dr. Ir. H. Amry Rakhman, M.Si, dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Ir. Abdul Muis, M.M.(RS.37/Prokopim/II/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *