Cegah Anthrax, Distan KSB Vaksinasi Hewan Ternak

Sumbawa Barat – Penapewarta

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sejak beberapa bulan terakhir melaksanakan kegiatan vaksinasi hewan ternak di enam kecamatan. Rencananya, vaksinasi di dua kecamatan yang tersisa akan diupayakan rampung pada pekan pertama Desember 2021.

Kadistan KSB melalui Kepala Bidang Peternakan, Jamilatun mengatakan, vaksinasi telah dilaksanakan di kecamatan Brang Rea, Brang Ene, Taliwang, Maluk, Jereweh dan Seteluk. Dalam kegiatan tersebut, dibarengi dengan registrasi ternak dan penggantian kartu identitas ternak.

“Hari ini, registrasi dan vaksinasi ternak dilaksanakan di kecamatan Poto Tano. Setelah rampung akan dilanjutkan ke kecamatan Sekongkang,” kata Jamilatun di ruang kerjanya. Selasa (19/10/2021)

Kepala Bidang Peternakan Distan KSB, Jamilatun

Dalam beberapa tahun terakhir, Distan KSB belum menemukan atau mendapat laporan adanya penyakit anthrax di bumi Pariri Lema Bariri. Meski demikian, vaksinasi tetap dilakukan tiap tahun guna mencegah timbulnya penyakit yang diketahui sangat menular dan bisa menyerang semua jenis ternak berdarah panas tersebut.

“Anthrax juga bisa menular pada manusia, sebab itu Vaksinasi rutin kita laksanakan tiap tahun sebagai ikhtiar untuk mencegah dan memberi imun kepada hewan ternak,” jelasnya.

Ia menambahkan, vaksinasi dan registrasi ternak merupakan kegiatan rutin dan dilaksanakan satu atau dua kali dalam setahun. Dalam kegiatan tersebut, tidak ada biaya yang dibebankan kepada peternak, semua gratis. Pemilik hanya diharuskan untuk membawa langsung hewan ternaknya ke tempat yang telah ditentukan.

“Pantauan kami, antusias peternak untuk mengikuti tahapan registrasi dan Vaksinasi terus meningkat dalam tiap tahun. Ini sangat kami apresiasi karena akan memudahkan kita untuk mengetahui populasi dan kotrol kesehatan tiap hewan ternak,” imbuhnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *