Cegah Rabies, Distan KSB Gencarkan Vaksinasi

Sumbawa Barat – Penapewarta

Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Barat melalui Bidang Peternakan kembali akan melaksanakan vaksinasi guna menghindari adanya penyakit rabies di wilayah Kecamatan Poto Tano. Rencananya, vaksinasi akan dilaksanakam pada akhir maret 2021, di dusun Polamata dan dusun Samarekat Desa Kokar Lian Poto Tano.

WKepala Bidang Peternakan, Jamilatun mengatakan, vaksinasi yang akan dilaksanan sekitar akhir Maret nanti, merupakan vaksinasi susulan. Sebelumnya di dua dusun tersebut telah divaksin sekitar 43 anjing dari total 100 lebih anjing milik warga setempat.

Jamilatun, Kepala Bidang Peternakan Distan KSB

“Pada Senin (09/03) kemarin kami telah melakukan vaksinasi di Dusun Pola Mata dan Samarekat. Kami menjadwalkan kembali sekitar tanggal 25 Maret nanti karena pada saat pertama dilaksanakan masih cukup banyak anjing yang belum di vaksin karena pemiliknya tidak ada di rumah,” kata Jamilatun. Rabu (17/03/2021).

Kecamatan Poto Tano khususnya di Desa Kokar Lian menjadi perhatian khusus Distan KSB. Pasalnya belum lama ini tersiar kabar bahwa di kecamatan alas kabupaten Sumbawa muncul satu kasus gigitan anjing Rabies. Hal ini coba untuk diantisipasi dengan melakukan vaksinasi mengingat Kokar Lian merupakan Desa yang berbatasan langsung dengan kecamatan Alas.

“Semua pemilik anjing di Pola Mata dan Samarekat sudah diberitahu bahwa akan ada vaksin susulan. Kami berharap agar warga dapat bekerjasama dengan tidak melepas hewan peliharaannya pada hari pelaksanaan vaksin susulan,” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan, Distan KSB akan berupaya untuk melakukan vaksinasi rabies di seluruh kecamatan. Sosialisasi sudah mulai dilakukan termasuk melakukan pendataan jumlah anjing di tiap desa dan kecamatan.

“Agenda pertama kami, vaksinasi dilaksanakan di kecamatan Poto Tano. Selanjutnya di kecamatan lain dan tim kami sudah turun lapangan melakukan sosialisasi dan pendataan, tinggal menyusun jadwal pelaksanaan,” tandasnya. (P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *