Data Covid-19 di KSB: 27 ODP, 1 PDP

Penapewarta

Satgas penanganan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) hingga Senin (23/03/2020) menerima 118 laporan terkait penanganan virus Corona.

Dari jumlah laporan yang bersumber dari berbagai puskesmas tersebut, tercatat sebanyak 27 orang masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 1 orang kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Khusus 1 orang yang PDP telah dirujuk ke Rumah Sakit H.L Manambai Abdul Kadir Sumbawa pada minggu pagi (22/03) kemarin,” kata juru bicara Satgas Covid-19 KSB, H Tuwuh.

Menurut H Tuwuh, warga Kecamatan Taliwang yang masuk dalam kategori PDP tersebut, sebelumnya baru pulang dari luar Daerah. Ia telah diperiksa sesuai prosedur dengan hasil memiliki suhu tubuh tinggi dan batuk.

“Untuk kepastiannya apakah terpapar atau tidak kita tunggu hasil pemeriksaan. Semoga saja hanya demam dan batuk biasa,” jelasnya.

Kendati demikian, sebagai upaya antisipasi telah dilakukan pemantauan terhadap 7 orang yang diketahui kontak langsung dengan PDP. Ke tujuh orang tersebut masuk dalam kategori kontak erat resiko rendah.

Ia menambahkan, rincian 118 laporan yang diterima pihaknya, yakni terdiri dari 36 orang dinyatakan selesai pemantauan, 47 pelaku perjalanan dari Negara/wilayah terjangkit, 7 orang yang kontak erat resiko rendah, 27 ODP dan 1 PDP.

“Dari hasil pemantauan, tercatat sebanyak 14 orang dinyatakan telah melalui masa pemantauan empat belas hari atau dengan kata lain dinyatakan sehat. Alhamdulillah untuk kategori Kontak erat resiko tinggi belum ada, mudah-mudahan ini terus bertahan dan semoga Sumbawa Barat bebas dari virus Corona, ” harap H Tuwuh. (P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *