Cegah Penyebaran Corona, Pemda Sumbawa Barat Siagakan 3 Posko

Penapewarta – Sumbawa Barat

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat menyiagakan Satgas Covid-19 di tiga titik guna mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di bumi Pariri Lema Bariri.

Ketiga titik dimaksud, yakni posko Dermaga Poto Tano kecamatan Poto Tano, posko Dermaga Benete kecamatan Maluk dan Posko Terminal Tana Mira, kecamatan Taliwang.

Keberadaan Satgas di tiga posko, diharapkan secara intens mengedukasi masyarakat akan ciri-ciri dan cara menghindarinya melalui perilaku hidup bersih dan sehat, khususnya melalui pilar kedua sampai pilar kelima pada Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Yakni cuci tangan pakai sabun, mengkonsumsi air minum dan juga makanan yang sehat, mengelola sampah rumah tangga dan mengelola limbah cair rumah tangga.

Fungsi Posko di kedua dermaga, diutamakan untuk memeriksa setiap orang yang keluar dan masuk Sumbawa Barat. Sedangkan posko di Terminal Tana Mira untuk memeriksa masyarakat setempat dan yang datang dan keluar dari jalur darat yakni dari Kabupaten Sumbawa, Dompu dan Bima.

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H W Musyafirin, MM bersama Wakil Bupati, Fud Syaifuddin, ST, dan Forkopimda pada Jumat (20/03/2020) turun langsung memeriksa ketersedian peralatan dan tenaga medis di Posko Tana Mira dan Dermaga Poto Tano. Bahkan di Dermaga Poto Tano, Bupati bersama Dandim 1628/SB dan Kapolres, turut membantu melakukan penyemprotan disinfektan.

Khusus di posko Dermaga Benete, pengawasan ekstra ketat dan lebih safety. orang yang datang dari daerah terjangkit tidak diizinkan masuk. Termasuk karyawan Batu Hijau yang mengambil cuti tidak diizinkan masuk kembali meskipun masa cuti telah habis. Kebijakan ini diberlakukan selama dua bulan, mulai 17 Maret 2020. (RM/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *