Distan KSB Gencarkan Sosialisasi Program AUTP

Sumbawa Barat – Penapewarta

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terus berupaya agar seluruh lahan tanam petani dapat diikut sertakan dalam program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menggencarkan sosialisasi guna memberi pemahaman kepada para petani akan pentingnya mengikuti program AUTP.

Kadistan KSB melalui Kabid pertanian dan tanaman pangan Syaiful Ulum SP mengatakan, total luas lahan yang ada di Sumbawa Barat saat ini sekitar 12.131 hektar, dan baru sekitar 60 persen saja yang sudah masuk dalam program tersebut.

“Kami terus berupaya agar seluruh lahan dapat diikut sertakan dalam program AUTP. Sosialisasi terus kami lakukan karena program ini sebagai salah satu bentuk perlindungan kepada petani,” kata Syaiful Ulum. Kamis (19/08/2021).

Dijelaskannya, manfaat dari program itu sangat besar. Petani yang mengalami gagal panen maupun kendala lainnya akan mendapat ganti rugi dari pemerintah.

“Iurannya hanya Rp 35.000 perhektar, dan itu akan diganti hingga Rp 6.000.000 perhektar jika mengalami gagal panen atau sebab lainnya. Keuntungan dari program AUTP ini akan sangat disayangkan jika diikuti oleh seluruh petani yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat,” jelasnya.

“Kami akan tetap mendorong petani agar mengikuti program tersebut. Kami juga akan lebih maksimal melakukan sosialisasi agar seluruh petani di KSB bisa mengikutinya karena manfaatnya sangat besar,” imbuh Syaiful Ulum (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *