Distan KSB Optimis Akan Produksi Gabah 95.852 Ton di 2021

Sumbawa Barat – Penapewarta

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) merasa optimis jika produksi gabah dalam tahun 2021 akan sesuai dengan target yang ditetapkan Provinsi NTB, yakni sebanyak 95.852 ton.

Kepala Distan KSB, Suhadi, SP, M.Si melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan, Syaiful Ulum, SP mengatakan, pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya guna mendongkrak hasil produksi padi. Bantuan-bantuan untuk kebutuhan irigasi telah digelontorkan termasuk pendistribusian pupuk bersubsidi bagi petani.

“Sebab itu, kami optimis jika dalam tahun ini target produksi gabah Sumbawa Barat sesuai dengan target yang dibebankan Provinsi,” kata Syaiful Ulum.

Dijelaskan, bantuan untuk kebutuhan irigasi yang telah digelontorkan berupa, sumur bor dan pompa air. Bantuan tersebut akan sangat berguna untuk mengantisipasi kelangkaan air akibat kemarau panjang. Sementara untuk pupuk bersubsidi, telah mulai di distribusikan dalam Musim Tanam (MT) pertama dan akan didistribusikan kembali pada MT dua dan MT tiga.

“Selain itu, pada MT pertama ini telah dilaksanakan perbaikan dan pembuatan saluran irigasi baru agar bisa digunakan untuk MT dua dan tiga,” urainya.

Tahun ini, pemerintah memberikan kuota pupuk urea bersubsidi untuk petani KSB sebanyak 9.880 ton. Disamping itu juga diberikan subsidi untuk pupuk SP-36 sebanyak 131 ton, ZA 686 ton dan NPK 2371 ton, Organik Granul dan Organik cair. Peningkatan kuota pupuk bersubsidi, tersebut, sejalan dengan target tanam sekitar 12. 000 hektar.

“Mudah-mudahan target tanam terpenuhi dan tidak ada kendala dalam setiap musim tanam. Agar target produksi bisa terpenuhi dan Sumbawa Barat bisa Swasembada padi dalam tahun ini,” tandasnya. (P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *