Distan KSB Targetkan 6080 Hektar Lahan Padi di MT3

Sumbawa Barat – Penapewarta

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menargetkan seluas 6080 hektar lahan untuk dapat digunakan bercocok tanam padi di musim Tanam (MT) 3. Target tanam ini, diperkirakan akan terlaksana pada September – Desember 2021.

Kepala Distan KSB melalui Kepala.Bidang Tanaman Pangan, Idrus,SH mengatakan, target tanam untuk bulan September hanya seluas 86 hektar dan Bulan Oktober seluas 287 Hektar. Luas lahan tanam tersebut terbilang cukup kecil karena terkendala minimnya ketersediaan air.

“Sementara untuk puncak MT 3 diperkirakan akan terlaksana pada bulan Nopember dengan target lahan 1642 hektar dan bulan Desember 4065 Hektar. Di dua bulan tersebut, curah hujan diprediksi cukup tinggi sehingga memungkinkan bamyak petani akan bercocock tanam pada dua bulan tersebut,” Jelasnya. Selasa (05/10/2021).

Tahun ini, Distan KSB mencatat sebanyak 20.000 hektar lahan telah digunakan untuk tanaman padi di MT 1 dan 2. Luas lahan tersebut, telah melebihi target yang diberikan Provinsi yang hanya seluas 17.393 hektar lahan tanam untuk tahun 2021.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Distan KSB, Idrus, SH

“Ditambah dengan luas lahan tanam di MT3, maka target provinsi untuk Sumbawa Barat telah terpenuhi bahkan jauh melampaui target yang diberikan,” paparnya.

Untuk hasil produksi padi pada MT 1 dan 2, Distan KSB masih akan menunggu data resmi dari Badan Pusat Statistik (BPS). Meski demikian, Distan KSB cukup optimis jika target produksi padi sekitar 90.000 ton dalam tahun 2021 akan terpenuhi, karena dari luas lahan tanam pada MT dan 2 saja, perhektarnya mampu produksi 5-6 ton padi.

“Kami yakin target produksi padi yang diberikan provinsi akan terlampaui dan Sumbawa Barat kembali akan Surplus dalam tahun ini,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *