DPRD KSB imbau Masyarakat Tidak Panik dan Tetap Waspada Hadapi Covid-19

Penapewarta – Sumbawa Barat

Ketua DPRD Sumbawa Barat, Kaharuddin Umar, mengajak seluruh masyarakat Bumi Pariri Lema Bariri untuk tetap tenang dalam menyikapi situasi karena adanya salah satu warga Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang dinyatakan positif Corona.

“Kami menghimbau agar masyarakat tidak panik. Tetaplah waspada dan percayakan kepada Pemerintah Daerah untuk mengatasi masalah ini,” kata ketua DPRD KSB. Selasa (21/04/2020).

Kaharuddin Umar menjelaskan, pasien PDP asal kecamatan Taliwang yang dinyatakan positif Corona telah meninggal dunia. Pemerintah Daerah tengah berupaya memutus mata rantai, mencegah menyebarnya virus corona dengan menerapkan langkah-langkah sesuai dengan ketentuan.

“Pemerintah Daerah melalui Gugus Tugas Covid-19 KSB telah mendata sekaligus mengisolasi serta melakukan pemeriksaan dengan metode rapid diagnostic test (RDT), terhadap 26 orang yang diketahui kontak erat dengan Almarhum. Pemeriksaan dilakukan di RSUD Asy Syfa pada hari Senin tanggal 20 April 2020, kemarin,” jelas politisi senior PDI Perjuangan KSB ini.

Pemeriksaan dilakukan, lanjutnya, untuk mengetahui kondisi kesehatan tiap orang yang diketahui memiliki kontak erat dengan almarhum. Apakah memiliki potensi terpapar atau tidak.

“Pemerintah Daerah akan selalu berupaya untuk melakukan yang terbaik dalam mencegah penyebaran virus Corona di Kabupaten ini. Dari itu, kita semua harus tetap tenang, jaga kesehatan, terapkan pola hidup bersih dan sehat, gunakan masker saat bepergian atau berkumpul, serta mengikuti anjuran-anjuran dari instansi terkait untuk mencegah penularan virus Corona,” pesannya.

Terakhir, ia berharap kepada masyarakat yang pernah kontak dengan almarhum, agar bersedia melaporkan diri dan diperiksa kondisi kesehatannya. Ini sangat penting untuk dilakukan guna mendeteksi serta mempercepat penanganan dan memutus rantai penularan.

“Kami juga berharap jika ada masyarakat yang memiliki keluhan kesehatan yang mengarah ke ciri-ciri virus Corona, untuk segera melaporkan diri, baik kepada gugus tugas covid-19 Kelurahan/Desa atau Puskemas atau bisa langsung ke RSUD Asy-Syifa,” harapnya (P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *