Satgas GP Ansor Kota Bima Gelar Penyemprotan Desinfektan Lintas Kelurahan

Penapewarta – Kota Bima

Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Bima mulai Kamis (16/04/2020) melaksanakan penyemprotan desinfektan di fasilitas umum dan pemukiman warga di beberapa kelurahan di Kota Bima.

Kegiatan sosial sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona ini, dilaksanakan selama beberapa hari dengan melibatkan Relawan pencegahan Covid-19 Kota Bima, diantaranya, Komunitas Madasigi, Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK), Kampung Siaga Bencana (KSB), Kelompok Masyarakat Peduli Sungai (KMPS) Padolo, Kepala Kelurahan Paruga dan Ketua RT/RW lingkup Paruga.

Ketua Satgas Covid-19 GP Ansor Rusdiyono, S.Pd, mengatakan, penyemprotan disinfektan dilaksanakan dalam beberapa hari dengan target penyemprotan mencapai puluhan titik yang tersebar di beberapa kelurahan yang ada Kecamatan Mpunda. Titik penyemprotan tersebut, sesuai hari pelaksanaan meliputi:

Titik lokasi penyemprotan pada Kamis sore , yakni rumah ibadah 1 titik (Mesjid Sultan Muhammad Salahuddin), Baruga 3 Titik (RT 09 2 Buah dan RT 10 1 Buah) dan tempat umum lainnya atau 11 titik (di Lingkungan RW 03 Sigi). Sehingga Jumlah titik penyemprotan disinfektan yang dilaksanakan di wilayah RW 03 Sigi Kelurahan Paruga sebanyak 15 titik.

Lanjut hari kedua, tepatnya Jumat (17/04/ 2020) Pukul 09.00 wita bertempat di Kelurahan Rabadompu Timur Kecamatan Raba, team Satgas Cegah Covid-19 bersama Banser NU Kota Bima, PC PMII Bima dan KOPRI PC PMII BIMA melakukan hal yang sama, yakni penyemprotan desinfektan pada fasilitas umum bersama warga setempat. Yang didampingi Kepala Kelurahan, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan Relawan dari RSUD Bima.

Titik lokasi penyemprotan diwilayah Rabadompu Timur memiliki 18 RT dan 6 RW, namun pada Jum’at penyemprotan dilakukan di beberapa titik di wilayah RW. 03, RW. 04 dan RW.05, Masjid di dua titik (Mesjid Baitul Rahman Nggaro Kumbe dan Mesjid Lailatul Qadri Lewiloa), Mushola Al Malik RW 05 1 titik, TPQ Lailatul Qadri Lewiloa RT 08 RW 03 1 titik, Baruga 4 Titik (RT. 13 dua titik, RT. 14 dua titik), Kios Kelontong dan Toko Sembako RT. 14 RW. 06 Nggaro Kumbe 3 titik, Kios Kelontong dan Toko Sembako 5 titik RT. 10 RW. 04 Lewiloa, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Ramanda Putra Bersaudara 1 titik di wilayah 08 RW 03 Lewiloa Rabadompu Timur dan tempat umum lainnya sebanyak 13 titik (Lingkungan RW. 03, RW. 04 dan RW. 05. Sehingga Jumlah titik penyemprotan disinfektan yang dilaksanakan di wilayah RW 04 dan RW 05 Kelurahan Rabadompu Timur sebanyak 30 titik.

Masih Jum’at, pada pukul 11.00 wita, team GP. Ansor ini melakukan penyemprotan yang sama diwilayah BTN Nusantara, BTN Santi (Termasuk kediaman Ketua DPRD Kota Bima dan Pandopo Wakil Walikota Bima). Sementara pukul 14.00 wita, team cegah covid-19 ini hadir di Kelurahan Matakando Kecamatan Mpunda, tepatnya di RT. 01, RT. 02, RT.03 dan RT.04 yang dilanjutkan di BTN Tolotando dan BTN Penatoi.

“Perlu adanya tindakan berkelanjutan dari perangkat RT dan RW, terutama Lurah untuk mengedukasi gerakan cuci tangan rutin guna mencegah penyebaran covid-19. Dan untuk pak Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa dan pihak RT/RW agar bisa bertindak serta memastikan bahwa himbauan dan aturan Jam malam dari Pemerintah Kota Bima di jalankan oleh semua warga yang ada di kelurahannya,” kata Rusdiyono

Ia menambahkan, Satgas Cegah Covid-19 GP. Ansor Kota Bima yang ditunjuk Pemerintah Kota Bima, juga melakukan penjagaan dan pengawasan dibatas kota. Penjagaan dibatas kota tersebut dilakukan sejak pemerintah mengeluarkan himbauan tentang Corona Virus Disease (Covid-19). Diperbatasan Satgas melakukan edukasi warga, pengawasan terhadap warga yang keluar atau maduk ke Kota Bima. Demikian Rusdiyono(P. 06)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *