Gugus Tugas Covid-19 KSB Gelar RDT Kedua pada 22 OTG, Hasilnya Non Reaktif

Penapewarta – Sumbawa Barat

Hari ini, Jumat (08/05/2020), Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kembali melakukan pemeriksaan Rapid Diagnostik Test (RDT) kedua pada 22 Orang Tanpa Gejala (OTG), Hasilnya non rekatif.

Sekretaris Daerah selaku Ketua Pelaksana Harian gugus Tugas Covid-19 KSB, H. A. Azis, SH, MH, mengatakan, pemeriksaan kedua rapid test terhadap 22 OTG dilaksanakan di Puskesmas Kecamatan Taliwang dan Puskesmas Kecamatan Brang Ene.

“8 OTG yang mengikuti Rapid Test kedua dengan hasil non rekatif merupakan OTG yang kontak erat dengan konfirmasi Covid-19 kasus 01, dan 14 OTG lainnya kontak erat dengan konfirmasi Covid-19 kasus 02,” Kata H Azis, sapaan akrabnya.

Secara keseluruhan, Rapid test yang dilaksanakan di puskesmas kecamatan Taliwang dan Brang Ene diiukti oleh 25 Orang. Yakni 2 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 1 Orang Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG). Ketiga orang tersebut mengikuti pemeriksaan rapid tes untuk pertama kali, dan hasilnya sama dengan 22 OTG yang mengikuti rapid test kedua.

Hingga hari ini, telah dilakukan rapid test terhadap 118 OTG dengan rincian, 114 Non Reaktif, 4 orang Reaktif. Saat ini sedang menjalani Karantina di Rumah Isolasi Khusus 2 orang, Karantina Mandiri dirumah 37 orang dan 79 orang sudah selesai menjalani Karantina Mandiri dirumahnya.

Untuk PPTG berjumlah 5.639 orang dengan rincian masih dalam Karantina Mandiri di rumah 772 orang dan selesai Karantina Mandiri dirumah 4.867 orang. Adapun Jumlah ODP sebanyak 133 orang dengan rincian masih dalam pemantauan 4 orang dengan kondisi baik dan selesai pemantauan 129 orang. Sementara untuk Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 8 orang, dan semua sudah selesai pengawasan.

“Jumlah yang dilakukan Karantina di Rumah Isolasi Khusus sebanyak 7 orang. Yakni 2 orang dengan konfirmasi Covid-19 dalam kondisi baik tanpa keluhan, 1 OTG dengan keluhan batuk filek dan sudah mendapatkan pengobatan dari tim medis dengan kondisi baik, dan 4 orang PPTG dengan kondisi baik,” demikian H. A. Azis. (P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *