Gugus Tugas Covid-19 KSB Kembali Gelar Test Swap dan Rapid Test

Sumbawa Barat – Penapewarta

Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kembali melaksanakan pengambilan Swap dan Rapid Test, Rabu (20/05/2020). Ini dilakukan dalam rangka antisipasi merebaknya virus Corona di Bumi pariri Lema Bariri.

Sekretaris Daerah selaku Ketua Pelaksana Harian gugus Tugas Covid-19 KSB, H. A. Azis, SH, MH, dalam keterangan tertulis menyampaikan, pengambilan Swab dilaksanakan di RSUD Asy-Syifa pada 12 orang yang diketahui kontak erat dengan pasien 06, an. Tn S.

“Untuk Rapid Tes dilakukan pada Pegawai Dinas Kesehatan dan tenaga kesehatan di puskesmas Taliwang dan Seteluk,” kata H. A. Azis.

Dijelaskan, pemeriksaan Rapid Diagnostik Test tenaga kesehatan Puskesmas Taliwang dan pegawai Dinas Kesehatan dilaksanakan Puskesmas Taliwang. Diikuti sebanyak 39 orang dengan hasil 38 Non Reaktif dan 1 orang Reaktif.

Sementara, pemeriksaan Rapid Diagnostic Test di Puskesmas Seteluk sebanyak 16 orang tenaga kesehatan dengan hasil semuanya Non Reaktif.

Ia menambahkan, sampai dengan hari ini, jumlah Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) berjumlah 6.110 orang dengan rincian masih dalam Karantina Mandiri di rumah 478 orang dan selesai Karantina Mandiri di rumah 5.632 orang.

Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) 137 orang, Karantina Mandiri dirumah 22 orang dan 2 orang di Rumah Karantina Fasilitas Khusus, 113 orang telah selesai menjalani Karantina mandiri dirumahnya.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 135 orang dengan rincian masih dalam pemantauan 2 orang dengan kondisi baik dan telah selesai pemantauan 133 orang, dan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 8 orang dan telah selesai pengawasan.

“Adapun jumlah yang di karantina di Rumah Karantina Fasilitas Khusus sebanyak 7 orang dengan rincian, 5 orang Konfirmasi Covid-19 kondisi dalam keadaan baik dan 2 orang OTG dalam kondisi baik tanpa keluhan,” demikian H. A Azis. (P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *