HMS Serahkan 100 Paket Ikan Segar di Kelurahan Tanjung Rasanae Barat

Kota Bima – Penapewarta

Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP RI) menyerahkan 100 paket ikan untuk para nelayan di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima, Selasa (19/05/2020).

Bantuan ini merupakan hasil kerjasama KKP RI dengan Komisi IV DPR RI melalui anggota DPR RI Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), H. Muhammad Syafrudin, ST, MM, atau yang biasa di sapa HMS.

HMS menyerahkan bantuan bagi para nelayan di Kelurahan Tanjung, secara simbolis diserahkan oleh Kepala Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Bima, Ridwan dan diterima oleh Staf Ahli HMS, Ikbal Tanjung, S. Pd.

Pada wartawan ini Kepala SKIPM Bima, Ridwan, mengatakan, secara keseluruhan bantuan paket tersebut adalah sebanyak 750 paket. Dengan rincian, diperuntukkan bagi nelayan di Kabupaten Dompu sebanyak 250 paket, 250 paket bagi nelayan Kabupaten Bima dan 250 paket untuk nelayan di Kota Bima.

“Untuk Kota Bima, hari ini kami menyerahkan 100 paket ikan kepada nelayan di Kelurahan Tanjung. sisanya yang 150 paket akan diberika kepada nelayan di Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota,” jelas Ridwan.

Lanjut Ridwan, paket bantuan yang diserahkan kepada nelayan di Kelurahan Tanjung, dikemas dalam 20 dus Frozen Fish (Ikan Tongkol Olahan Segar). Tiap satu dus berisi 10 Kg, dan 100 kotak bandeng presto khas Bima.

“Ini merupakan kegiatan bulan mutu karantina Tahun 2020 dan merupakan program rutin setiap tahunnya, dan untuk tahun ini kebetulan dalam rangka menanggulanggi dampak Covid-19,” terangnya.

Menurutnya, dampak Covid-19 mengakibatkan penghasilan para nelayan berkurang atau menurun secara dratis, sehingga program ini merupakan umpan balik. Maksudnya, hasil ikan tangkapan para nelayan kita yang beli dari nelayan dan hasilnya kita serahkan dalam bentuk bantuan bagi masyarakat pesisir yang membutuhkan.

“Daya beli ikan berkurang dan itu sangat berdampak pada penghasilan para nelayan. Jadi kami membelinya dari nelayan dan dibagikan kembali kepada nelayanan dalam bentuk bantuan,” ujar Ridwan.

Ia menambahkan, terkait sinergi antara KKP RI dengan Komis IV DPR RI, yang kebetulan H. Syafrudin adalah anggota dewan Perwakilan Pulau Sumbawa, jadi bantuan yang di serahkan KKP RI melalui Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Bima.

Sementara itu, Staf Ahli Ikbal Tanjung, S. Pd, mengungkapkan, bantuan lainnya untuk warga Kota Bima juga telah diberikan pada Senin kemarin (18/05/2020). Bantuan sembako berupa beras tersebut, diberikan kepada guru dan tukang ojek.

“HMS adalah wakil rakyat yang peduli pada rakyatnya, apalagi sekarang sedang wabah Covid-19. Bantuan sembako berupa beras dan ikan segar sangat membantu masyarakat terdampak,” jelasnya. (P. 06)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *