Hotel Yoyo Sekongkang Berencana Rumahkan Sebagian Karyawan

Penapewarta – Sumbawa Barat

Hotel Yoyo di Kecamatan Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berencana merumahkan sebagian karyawannya dalam waktu dekat. Kebijakan yang terpaksa dilakukan ini merupakan dampak sepinya tamu akibat dari wabah virus Corona.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi (Disnakertrans) KSB, melalui Kepala Bidang Hubungan Industrial (HI), Tohiruddin, mengungkapkan, management Hotel Yoyo telah melaporkan secara lisan perihal kebijakan yang akan diambil. Dari 18 karyawan tetap, sebagian akan dirumahkan hingga menunggu keadaan normal kembali.

“Kami menyarankan agar karyawan yang dirumahkan tetap diberi upah, maksimal 50 persen dari gaji pokok,” ungkap Tohiruddin. Selasa (07/04/2020)

Menurutnya, langkah untuk merumahkan sebagian karyawan hotel Yoyo merupakan langkah yang cukup tepat. Selain menghindari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), karyawan yang dirumahkan berkesempatan untuk bekerja penuh jika menggunakan sistem shift secara teratur.

“Apa yang management Yoyo sampaikan kami tindak lanjuti dengan mengusulkan upah bagi yang dirumahkan termasuk shift kerja. Dan mereka setuju untuk melakukan itu,”. Jelas Tohiruddin.

Ia menambahkan, management Yoyo dalam laporan lisannya juga menjelaskan, total karyawan Hotel Yoyo berjumlah 20 orang. Dua orang yang bukan karyawan tetap terpaksa diberhentikan dulu sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

“Langkah yang diambil Hotel Yoyo kemungkinan akan diikuti oleh hotel lainnya yang ada di Sumbawa Barat. Keadaanya sama, terkendala pemasukan karena anjloknya hunian hotel, sepi akibat wabah virus corona,” imbuhnya. (P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *