Kepala SKB Kota Bima Harus punya Visi misi yang Jelas

Penapewarta – Sumbawa Barat

Humas Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Bima Drs. Abdul Haris meminta pada Pemerintah Kota (Pemkot) Bima agar menempatkan Kepala SKB Kota Bima yang cakap memimpin untuk kemajuan SKB yang lebih maju dan berdaya saing.

“Demi kemajuan SKB, kepala daerah (Walikota Bima, red) harus menyeleksi secara khusus siapa saja calon kepala SKB yang layak, dan mereka calon kepala SKB harus bisa mempresantasikan tentang visi dan misinya, strategi, pengembangan serta pemberdayaan bagi SKB kedepannya,”, kata Humas SKB Abdul Haris pada wartawan disalah satu PKBM di Kelurahan Penaraga Kecamatan Raba Kota Bima.

Menurutnya, selama ini penempatan kepala SKB terkesan hanya mengendepankan faktor kedekatan saja, malah tidak sesuai mekanisme berlaku. Sementara SKB merupakan lembaga pemberdayaan masyarakat karena indikatornya SKB mengadakan pelatihan dan kursus. Selain itu, SKB bisa mendapatkan bantuan dari dalam dan luar negeri untuk kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan.

Terkait pelatihan dan kursus di SKB, sambung Abdul Haris, seharusnya Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) yang ada di Kota Bima dapat melakukan kerjasama dengan SKB Kota Bima. Pasalnya, para TKI dan Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang dikirim selama ini disinyalir tanpa disertai keterampilan dan skiil, sehingga dinegara tujuan tidak menerima TKI/TKW dimaksud.

“Di SKB sudah banyak melakukan pelatihan dan khursus, dan bagi warga yang mengikuti kegiatan tersebut diberikan sertivikat dan dinyatakan lulus sudah mengikuti pelatihan dan khursus di SKB,” sambungnya.

Mantan Tenaga Lapangan Dikmas (TLD) ini jugamenekankan, kepala SKB yang akan datang harus diseleksi dan diuji agar tidak diragukan lagi kemampuannya. Saat ini jumlah siswa di SKB Kota Bima baik di Paket A (SD), B (SMP) dan C (SMA) sebanyak 168 siswa dan yang mengikuti kursus sebanyak 200 lebih siswa.

“ Calon kepala SKB tidak harus dari jebolan guru pamong, birokrasi fungsional maupun struktural. Akan tetapi mampu dan cakap memimpin SKB agar lebih maju dan berdaya saing,” imbuhnya. (P.06)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *