Pasca Pilkades : Kapolres Sumbawa Barat Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas

Penapewarta – Sumbawa Barat

Kapolres Sumbawa Barar, AKBP Mustofa, S.Ik, MH mengajak masyarakat bumi pariri lema bariri untuk tetap menjaga kondusifitas daerah pasca pelaksanaan pilkades serentak pada Minggu, 20 Oktober 2019.

” Apapun hasilnya mari kita terima dengan lapang dada. Mari Kita buktikan janji kita saat pencalonan, Siap Kalah dan Siap Menang, ” pesan Kapolres.

Jika dalam pelaksanaan Pilkades ditemukan indikasi kecurangan, hal itu dapat dilaporkan kepada pihak terkait dengan melampirkan bukti, dan selanjutnya menunggu keputusan dari hasil pemeriksaan laporan.

” Mari kita mengedepankan aturan yang berlaku, permasalahan yang ada silakan di selesaikan melalui jalur yang telah disediakan, jangan Anarkis karena akan menggangu kondusifitas daerah, ” tandas Kapolres.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 23 Desa di Kabupaten Sumbawa Barat melaksanakan pemilihan kepala desa serentak pada minggu 20 oktober 2019. Dari seluruh desa peserta pilkades, terdapat 77 calon kepala desa yang sebelumnya telah menggelar aksi damai demi terciptanya kondusifitas daerah.

Berikut, deklarasi damai yang diucapkan seluruh calon kepala desa pada Sabtu 28 September lalu, berbunyi :

Kami para calon Kepala Desa peserta pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2019, dengan semangat persatuan dan persaudaraan berjanji kepada masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat untuk :

Siap menciptakan pemilihan Kepala Desa serentak yang aman, damai,sejuk, berintegritas dan bermanfaat

Siap bekerjasama dengan TNI, Polri, Lembaga penyelenggara pemilihan Kepala Desa dan masyarakat Sumbawa Barat untuk suksenya pemilihan kepala desa rahun 2019.

Tidak melakukan tindakan penghasutan atau provokasi serta tidak menyebarkan informasi yamg bertujuan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama dan ras antar golongan (Sara)

Siap tunduk dan patuh pada perundangan-undangan yang berlaku serta siap menang dan siap kalah dalam pemilihan kepala desa tahun 2019. (P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *