Pilkada KSB 2020 : Jadwal Pendaftaran Pasangan Calon Dan Pencoblosan

Penapewarta – Sumbawa Barat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tengah menyusun sejumlah perencanaan program dalam persiapan penyelenggaraaan pemilukada di Bumi pariri lema bariri. Salah satunya, jadwal pendaftaran pasangan calon hingga pemungutan serta perhitungan suara di TPS.

Koordinator Devisi Data KPU KSB, Rahmat Riyadi, S.Sos.I, M.Si, mengatakan, dengan tetap memgacu pada peraturan KPU RI nomor 15 tahun 2019, KPU KSB telah menjadwalkan pelaksanaan pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat pada bulan Juni 2020 mendatang.

” Pendaftaran pasangan calon di jadwalkan selama 3 hari, Mulai dari tanggal 16 dan berakhir pada 18 Juni 2020, ” Kata Rahmat Riyadi, di ruang kerjanya, Jumat (25/10)

terhitung sejak 16 Juni – 07 Juli 2020, KPU KSB menjadwalkan serangkaian kegiataan yang berkaitan dengan pasangan calon kepala daerah. Diantaranya, Penelitian syarat dukungan pasangan calon perseorangan maupun yang diajukan oleh partai politik dan gabungan partai politik, pemeriksaan dan penyampaian hasil pemeriksaan, pemberitahuan hasil penilitian dan perbaikan syarat calon.

” Selanjutnya Tanggal 8 Juli penetapan pasangan calon dan tanggal 9 Juli pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon, ” jelas Rahmat Riyadi.

Untuk pelaksanaan kampanye, KPU KSB menjadwalkan terlaksana dari 11 Juli hingga 19 September 2020. Selanjutnya masa tenang dan pembersihan alat peraga terjadwal selama tiga hari, dari tanggal 20 – 22 September 2020.

” Pencoblosan atau pemungutan dan perhitungan suara di TPS akan terlaksana pada tanggal 23 September dan jadwal pengumumuman hasil rekapitulasi tingkat Kabupaten akan dilaksanakan pada tanggal 29 Septembet – 2 Oktober 2020, ” imbuhnya.

Ia menambahkan, kecil kemungkinan bila jadwal yang sudah tersusun akan mengalami perubahan. Kendati demikian, bila terjadi perubahan akan segera diumumkan ke masyarakat dan pihak terkait. Demikian Rahmat Riyadi. (P-01).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *