PKS KSB Usulkan Perampingan OPD

Sumbawa Barat – Penapewarta

Partai Keadilan Sejahtera (PKS), DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengusulkan agar pemerintah setempat segera memikirkan untuk merampingkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada saat ini. Cara ini perlu ditempuh sebagai upaya efisiensi anggaran daerah yang terus terhimpit.

“Kami kira ini jalan yang perlu segera diambil pemerintah untuk menyiasati anggaran daerah yang sedikit. Evaluasi OPD dan merger supaya lebih ramping lagi struktur OPD kita,” kata politisi PKS KSB, Abidin Nasar, Senin (17/5).

Abidin mengungkapkan, mempertahakan struktur OPD yang ada saat ini sudah tidak relevan lagi. Kondisi keuangan daerah akibat dampak pandemi Corona sejak tahun 2020 lalu terus menyusut membuat pembiayaan daerah hanya akan banyak terkuras untuk belaja pegawai semata. Sementara untuk belanja program semakin sedikit.

“Sebagai informasi tahun ini ada beberapa bidang yang tidak punya kegiatan. Nah ketimbang seperti itu bagusnya kan dimerger saja,” ujarnya.

Beberapa OPD pun, Abidin memberi gambaran bisa dilakukan peleburan kembali. Dirinya mencontohkan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) dikembalikan lagi ke Dinas Pertanian, demikian juga dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) bisa digabung dengan Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD).

“Badan aset (BPAD) juga bisa digabung dengan pengelolaan anggaran (BPKD). Toh dulu juga seperti itu kan,” singgungnya.

Ia menambahkan, dalam kondisi yang tidak menentu seperti sekarang ini. Pemeirntah harus cepat membuat langkah stategis serta terukur tanpa harus melanggar aturan yang ada. Sebab jika tidak, kewajiban pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat bisa terbengkalai.

“Nah merombak OPD itu kan sesuatu yang dibolehkan oleh aturan. Jadi kalau memang kondisi keuangan kita masih begini, tidak salah kan ditempuh langkah itu sebagai upaya efisiensi,” tukasnya.(P-10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *