Reses di Lamunga, Baharung Serap Banyak Aspirasi

PENAPewarta – Sumbawa Barat

Masa Resas I DPRD Sumbawa Barat tahun 2019 dimanfaatkan Baharung dengan mendatangi konstituennya di Dapil 1 Taliwang. Selama reses berlangsung, politisi asal PKS tersebut menyerap banyak aspirasi dari para konstituennya.

Aspirasi yang paling banyak sampaikan warga, saat reses dilaksanakan Dusun Lamunga Bawah, Desa Persiapan Lamunga kecamatan Taliwang. Dalam pertemuan Rabu (16/10) malam, berbagai persoalan dikemukakan, mulai dari pertanian dan kebutuhan air bersih, lingkungan serta pendidikan hingga status desa.

” Pertanian kita di desa Persiapan lamunga sangat membutuhkan perhatian dan bantuan. Persawahan sudah kering dan kami butuh sumur bor. Begitu juga dengan jalan usaha tani, mohon untuk dibuka karena jarak angkut hasil panen sangat jauh dari jalan raya, ” kata Abdul Azis, salah satu perwakilan warga.

Persoalan lainnya yang disampaikan warga, adalah tentang kebutuhan air bersih. Sangat diharapkan, Perusahaan Air Minum Daerah (Perumda) Bintang Bano bisa menjangkau seluruh wilayah Desa Persiapan Lamunga, karena selama ini, kebutuhan air bersih hanya mengandalkan sumur dan air kemasan.

” Musim ini merupakan kemarau terpanjang di Kabupaten Sumbawa Barat. Pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi hal ini. Khusus di Desa Persiapan Lamunga, DPRD akan berkoordasi dengan pihak terkait agar petani bisa dibantu dengan sumur bor dan membuka akses jalan usaha tani, ” kata Baharung.

” Untuk Air Bersih, ini sudah kita komunikasikan dengan pihak Perumda Bintang Bano. Masih dalam proses, mudah-mudahan tidak ada kendala agar warga kita bisa menikmati air bersih dari perumda dalam waktu dekat, ” sambungnya.

Hal lainnya yang disampaikan warga, berkaitan dengan pendidikan dan kebersihan lingkungan. Di Bidang pendidikan, dibutuhkan adanya Taman Pendidikan Al-Quran (TPA/TPQ) dan PAUD. Selama ini anak-anak lamunga belajar mengaji dan mengikuti pendidikan usia dini ditempat yang jauh. Jika bisa dihadirkan di lamunga tentunya akan memberi manfaat banyak bagi warga terutama bagi peserta didik dan orang tua.

Sementara di bidang lingkungn hidup Dibutuhkan satu tempat penampungan atau pembuangan akhir dari sampah. Sampah yang menumpuk, baik itu sampah dari rumah tangga atau sampah lainnya akan mudah dimusnahkan ataupun didaur ulang jika telah tersedia satu tempat penampungan yang baik.

Menurut dewan Baharung, menghadirkan dan mendirikan TPA/TPQ dan PAUD merupakan “PR” khusus bagi dirinya selaku wakil rakyat dan putra desa Persiapan Lamunga. ini akan menjadi salah satu prioritas dan akan diperjuangkan.

Adapun tentang Lingkungan dan air bersih, dipastikan akan ditindak lanjuti melalui pihak terkait. Ini sangat mendukung program Pemerintah Daerah dalam program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

” Untuk ibu-ibu yang membutuhkan peralatan yang akan digunakan dalam acara seperti pengantin dan sunatan akan kami bantu secepatnya dan jangan lupa saya diberikan rinciannya. Nah untuk status desa kita, sudah ada progres, mudah mudahan menjadi kado akhir tahun bagi warga kita, desa persiapan menjadi desa definitif Lamunga, ” demikian Baharung. (P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *