Semarak perayaan Harla ke- 2 Desa Persiapan Lamunga, Camat Taliwang Pesan agar warga terapkan STBM

Penapewarta – Sumbawa Barat

Tepat tanggal 30 Oktober warga desa Persiapan Lamunga merayakan Hari Lahir (harla) yang ke- 2. Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan, dan pada malam puncak perayaan, camat Taliwang memberi pesan terkait kekompakan dan kesehatan lingkungan.

” Warga Lamunga sudah kompak memilih, buktinya desa persiapan lamunga saat ini sudah memiliki pak Baharung, putra asli Lamunga yang duduk sebagai anggota DPRD Sumbawa Barat. Kekompakkan ini perlu dijaga dan ditingkatkan dalam hal kesehatan. Caranya, kita bersama-sama menjaga lingkungan dengan menerapkan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dalam kehidupan kita sehari-hari, ” pesan camat Taliwang, Suryaman,S.Pt. Rabu (30/10) malam.

Menurutnya, Kesehatan itu penting. Bila seseorang sakit maka pekerjaannya akan terbengkalai. Menjaga lingkungan, minimal di lingkungan rumah masing masing merupakan kewajiban setiap warga Lamunga.

” Selokan yang ada di depan rumah itu bukan sebagai tempat pembuangan limbah cair rumah tangga. Selokan gunanya untuk menampung dan mengalirkan air hujan. Mari kita hentikan kebiasaan itu, jika bapak-bapak dan ibu-ibu membutuhkan septic tank, bisa dikomunikan dengan pihak desa. Bantuan pasti akan diberikan oleh Pemerintah Daerah, ” jelasnya

Yang tak kalah penting tambah Suryaman, hal yang berkaitan dengan sampah. Jika dibuang sembarangan akan berdampak pada timbulnya penyakit. kalau bisa, sampah dipisahkan terlebih dahulu menurut jenisnya, baru dibuang pada tempat yang disediakan atau dibakar.

” Mencuci tangan juga termasuk penting. Bapak-bapak dan ibu-ibu harus memberi contoh yang baik kepada anak-anak. Biasakan mencuci tangan sehabis beraktifitas, baik itu di sawah ataupun dirumah, kita tidak tahu kuman apa yang telah menempel di tangan kita pada saat sedang bekerja, jadi cuci tangan terlebih dahulu sebelum makan atau menggendong anak-anak,” imbuh camat.

Selain kesehatan, Suryaman juga menyampaikan hal yang berkaitan dengan status desa. Lamunga saat ini, statusnya masih sebuah desa persiapan. Dalam perayaan harla ke- 3 tahun depan, diharapkan sudah ada perubahan, desa persiapan menjadi desa definif Lamunga.

” Mudah-mudahan dalam perayaan harla tahun depan, status Desa Lamunga sudah definitif, ” tandasnya.

Malam puncak perayaan harla desa persiapan Lamunga diisi dengam aneka kegiatan, seperti tari dan pembagian hadiah lomba. Kapolsek dan Koramil Taliwang ikut hadir dan memberikan hadiah kepada pemenang lomba, sekaligus berkenalan langsung dengan warga desa.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua panitia Harla, Abdul Azis dan penjabat Kepala Desa Persiapan Lamunga, Habiburrahman,S.Ps.i memaparkan kegiatan dari awal hingga terlaksana malam puncak perayaan ke-2.

Dijelaskan, sejak 19 – 29 Oktober telah dilaksanakan aneka kegitan hiburan dan olahraga. pendanaanya bersumber dari sumbangan warga, para pekerja dan Dewan Baharung

” Terimakasih atas sumbangan yang telah diberikan, terutama kepada pak dewan Baharung yang telah banyak membantu. Mudah-mudahan sumbangan bapak ibu semua dapat bermanfaat dan bernilai amal jariah, ” paparnya. (P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *