Tes Tulis Hari Pertama Rekrutmen Pekerja Pembangunan Pabrik Smelter KSB diikuti 312 Peserta

Sumbawa Barat – Penapewarta

Tim Terpadu Rekrutmen Tenaga kerja pembangunan pabrik Smelter Sumbawa Barat menyelenggarakan Tes Tulis Psikotest melalui sistem komputerisasi pada Rabu (21/09). Pada hari pertama pelaksaanan tes tersebut tercatat diikuti oleh sebanyak 312 peserta atau sebanyak 78%, sedangkan peserta yang tidak mengikuti psikotest pada hari pertama sebanyak 88 orang atau 22% dari jumlah 400 orang yang dijadwalkan mengikuti tes tulis (psikotes).

“Psikotest yang kita selenggarakan dihari pertama tidak ada kendala. Dalam proses seleksi psikotes kami telah mempermudah sistem dan dipandu langsung oleh pihak ECC UGM dan Tim yang berpengalaman dari BKPSDM Sumbawa Barat selaku operator dan membimbing peserta dalam menggunakan perangkat komputer di ruang tes tersebut. Begitupula mekanisme ini akan kita terapkan di hari berikutnya untuk bisa menuntaskan seleksi Psikotes kepada sejumlah 2.027 peserta/pelamar yang telah dinyatakan lulus administrasi,” kata juru bicara tim terpadu rekrutmen, Benny Tanaya.

Ia menambahkan, tes tulis akan dilaksanakan selama enam hari atau hingga pada tanggal 26 September 2022. Pelaksanaan psikotes serahkan sepenuhnya kepada Tim ECC UGM untuk memastikan akurasi hasil dan kualitas seleksi yang terbuka serta bertanggungjawab.

“Setelah psikotes terlaksana selama enam hari kedepan, maka kami akan memutuskan hasilnya melalui Pleno penetapan hasil seleksi Psikotes. Hasilnya secara resmi dikeluarkan setelah 3 hari pelaksanaan keseluruhan tes tulis. Selanjutnya Tim Terpadu rekrutmen akan masuk ke tahapan interview untuk memastikan jumlah kebutuhan tenaga kerja sebanyak 245 orang pada tahap pertama ini segera kita tempatkan ke perusahaan,” imbuhnya.

Benny Tanaya memastikan, Materi Psikotes yang diikuti oleh peserta dihari pertama dan seterusnya tidak berubah. Ini tak lepas dari peran Tim ECC UGM yang telah menyederhanakan pertanyaannya yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan masing-masing peserta sebagaimana yang telah dilampirkan dalam link SIPKanti, serta telah memandu dan membimbing peserta mengenal dengan baik perangkat yang digunakan dalam tes tersebut sehingga hari pertama psikotes mendapat respon dari peserta sangat bagus dan ini akan berlaku di hari berikutnya sampai psikotes ini berakhir.

“Kami bertanggung jawab secara keseluruhan terhadap tahapan pelaksanaan setiap prosedur rekrutmen yang dilaksanakan secara terbuka dan ransparan ini, serta akan memberi prioritas utama kepada putra dan putri Sumbawa Barat,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *