Sumbawa Barat Bersiap Menuju Smart City

Sumbawa Barat – Penapewarta

Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kini tengah bersiap menjadi salah satu kota cerdas, menyusul ditetapkannya kabupaten yang bermottokan bumi pariri lema bariri ini sebagai salah satu dari 50 Kabupaten/Kota yang mengikuti Gerakan Menuju Smart City tahun 2022.

Serangkaian kegiatan telah dilakukan pemda KSB dalam menyiapkan diri menjadi kabupaten smart city atau kota cerdas. Puncaknyanya ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Forkopimda, seluruh OPD lingkup pemda KSB dan perwakilan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) pada Selasa (20/09) dilantai 3 gedung Setda KSB. Dalam MoU tersebut tertuang komitmen bersama untuk mendukung Sumbawa Barat menuju smart city.

“Mou ini dimaksudkan untuk menyamakan presepsi, kemauan dalam mewujudkan Sumbawa Barat menuju Smart City. Seluruh stake holder nantinya akan menyajikan aplikasi sesuai dengan tufoksinya, sehingga nantinya akan melahirkan kajian inovatif yang saling berinteraksi dalam kerangka Smart City,” kata Sekretaris Daerah KSB, Amar Nurmansyah.

Ngomong soal target kota pintar akan diraih dalam berapa tahun, lanjut sekda, pemda tidak bisa memprediksinya. namun yang jelas akan ada tim yang akan melakukan penyusaian – penyesuaian terhadap kemajuan yang diraih. Selain itu pemda juga akan melakukan study banding ke daerah yang telah berhasil guna transfer pengetahuan yang bermanfaat untuk Kabupaten Sumbawa Barat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominkasi dan Informatika (Diskominfo) KSB, Hirawansyah Atta, menjelaskan, implementasi gerakan menuju kota cerdas di kabupaten sumbawa barat dilaksanakan berdasarkan asesmen Kementerian Kominfo. Dan ini ditindaklanjuti dengan lahirnya MoU dan digelarnya petihan bimbingan teknis Smart City yang diikuti oleh tim pelaksana smart city dan menghadirkan Pembimbing Gerakan Menuju Smart City Kemenkominfo Ditjen Aplikasi Informatika (Aptika), Fitrah Rachmat Kautsar.

“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen kepala daerah dalam implementasi Gerakan menuju kota cerdas tahun 2022 berdasarkan MoU antara Bupati Sumbawa Barat dan Kementerian Kominfo pada 21 April 2022,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam rangkaian kegiatan Gerakan Menuju Smart City tahun 2022 di Kabupaten Sumbawa Barat, telah dilakukan pembentukan Dewan Smart City melalui Surat Keputusan Bupati Sumbawa Barat Nomor 188.4.45 919 dan Tim Pelaksana Smart City dengan Surat Keputusan Bupati Sumbawa Barat Nomor 188.4.45 918 tahun 2022. Selanjutnya Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Smart City diamanatkan untuk mengikuti kegiatan Bimtek Smart City yang dijadwalkan terlaksana sebanyak 4 kali.

‘Bimtek dilaksanakan sebanyak 4 kali, yakni pada tanggal 20-21 juni, 18-19 juli, 29-30 Agustus, dan 19-20 September 2022 diikuti oleh tim pelaksana Smart City, perwakilan UMKM, Agen Gotong Royong, Akademisi dan Praktisi Teknologi Informasi dan Komunikasi,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *