Wabup KSB Bersama Forkopimda Lakukan Screening Pra-Vaksinasi Covid-19

Sumbawa Barat – Penapewarta

Setelah Vaksin Covid-19 (CoronaVac) tiba di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada Kamis, 28 Januari 2021 lalu, tepat pada Senin (01/02/2021), pagi dilaksanakan launching Screening Pra-Vaksinasi Covid-19.

Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin, S.T., beserta unsur Forkopimda KSB dan beberapa Kepala OPD melakukan screening tahap pertama di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa’ KSB.

Direktur RSUD Asy-Syifa’ KSB, dr. Carlof menerangkan, Screening Pra-Vaksinasi Covid-19 ini dilakukan dengan beberapa tahapan.

“Screening Pra-Vaksinasi Covid-19 dilakukan beberapa tahap yakni pemeriksaan kesehatan, kemudian jika diperlukan akan dilakukan pemeriksaan laboratorium. Calon penerima vaksin yang hasil pemeriksaannya dinyatakan lolos screening akan dilakukan vaksinasi,” terang Direktur RSUD Asy-Syifa’.

Sebagai orang pertama di KSB yang melakukan Screening, ada 16 pertanyaan yang diajukan selama kurang lebih 30 menit di dalam ruangan pemeriksaan.

Setelah selesai melaksanakan semua tahapan screening, Wabup menjelaskan bahwa puskesmas dimasing-masing kecamatan akan difungsikan untuk pelaksaan screening seluruh aparatur, TNI, guru dan masyarakat KSB di tahap selanjutnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kerumunan.

Menurut Wabup KSB, pelaksanaan screening harus dilakukan secara jujur dan apa adanya.

“Screening nya sederhana, harus jujur apa adanya tidak boleh bohong karena nanti akan jadi persoalan pada saat vaksinasi. Screening ini penting dan akan mempermudah para petugas dalam proses vaksinasi kita. Saya hari ini sudah discreening, Insya Allah kalau tidak ada halangan Hari Rabu tanggal 3 saya akan divaksin di Graha Fitrah. Jadi vaksin ini adalah salah satu cara mencegah Covid-19 namun kita juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, pakai masker dan cuci tangan pakai sabun di air mengalir,” jelas Wabup KSB.(hm/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *