Wagub: Dompu Akan Jadi Kabupaten Percontohan Posyandu Keluarga di NTB

Dompu – Penapewarta

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengapresiasi perkembangan Posyandu keluarga yang hampir 100 persen di Kabupaten Dompu. Atas prestasi ini, Dompu akan menjadi Kabupaten percontohan bagi kabupaten/kota di NTB untuk program Posyandu keluarga.

Dijelaskan Wagub, Dompu merupakan kabupaten yang terdepan, lebih progresif dari 10 kabupaten/kota dalam pengembangan Posyandu keluarga yang sudah terintegrasi dengan bank sampah.

“Ini menunjukan bahwa Pemerintah Kabupaten dompu betul-betul memperhatikan kesehatan masyarakatnya,” jelas Wagub

“Kita ingin dompu ini menjadi contoh dan dilihat oleh kabupaten kota yang lain, oleh karena itu, Posyandu keluarga di sini harus dimasukkan ke dalam Sistem Informasi Posyandu,” sambungnya.

Wakil Gubernur yang kerap disapa Umi Rohmi ini memaparkan, Posyandu keluarga yang telah terdata dengan baik dapat dikontrol dengan mudah sehingga masalah-masalah yang ada di desa dapat teratasi secara cepat berdasarkan data yang telah dikumpulkan. Selain itu, kelebihan Posyandu keluarga dapat melayani seluruh lapisan masyarakat, mulai dari bayi hingga lansia dengan berbagai macam permasalahan.

“Jika Posyandu ini kita intervensi dengan baik, dengan edukasi-edukasi yang cukup, maka tidak hanya masalah kesehatan yg dapat kita atasi, namun masalah sosial ekonomi juga dapat teratasi. Itulah fungsinya Posyandu keluarga,” paparnya.

Pj Sekda Kabupaten Dompu, H. Muhibuddin mengatakan bahwa kedatangan wakil Gubernur ini menjadi penyemangat untuk para kader Posyandu dalam melaksanakan tugasnya.

Ia berharap, Posyandu keluarga di kabupaten Dompu dapat berjalan dengan baik agar masyarakat bisa terlayani dengan maksimal, bukan hanya pelayanan kesehatan, namun juga pelayanan edukasi masalah ekonomi maupun masalah sosial. (Hm/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *