AMMAN Tandatangani Kontrak dengan JEL & PT JEL Untuk Proyek Pengembangan Pembangkit Listrik

Jakarta – Penapewarta

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) menandatangani perjanjian pengadaan peralatan dengan Jurong Engineering Limited (JEL) dan perjanjian pengadaan dan konstruksi lump sum turnkey engineering dengan PT Jurong Engineering Lestari (PT JEL) untuk Pembangkit Listrik Tenaga Siklus Gabungan Batu Hijau-1 (Proyek BHCCPP-1) pada Jumat (26/082022).

Upacara penandatanganan yang dilakukan secara hybrid ini disaksikan oleh tim manajemen AMMAN, JEL, PT JEL, dan Siemens Energy AB dari Jakarta, Singapura, dan Swedia.

BHCCPP-1 akan dibangun sebagai bagian dari strategi AMMAN dalam meningkatkan pasokan listrik yang dapat mendukung kegiatan operasional yang terus berkembang – termasuk penambangan, pengolahan, dan peleburan – di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Konfigurasi plant adalah dua blok yang terdiri dari tiga generator turbin gas, tiga generator uap pemulihan panas dan satu turbin uap. Efisiensi termalnya akan menjadi salah satu yang tertinggi di kawasan ini untuk pembangkit listrik industri.

Presiden Direktur AMMAN, Rachmat Makkasau menegaskan kembali komitmen AMMAN dalam menjalankan operasi secara berkelanjutan. “Kami bangga menjadi salah satu perusahaan pertama di kawasan ini, yang beralih ke gas, sumber energi yang lebih bersih dengan emisi karbon yang lebih rendah. AMMAN menggunakan turbin gas paling efisien serta teknologi mutakhir untuk low-NOx burner untuk memastikan bahwa kami mematuhi pedoman emisi lingkungan yang paling ketat, seperti standar Eropa atau IFC/World Bank,” jelas Rachmat.
JEL adalah pemasok peralatan dan penyedia layanan offshore terkait untuk BHCPP-1 berbasis gas yang akan menghasilkan 450 MW (gross). Lingkup pekerjaan JEL terdiri dari penyediaan dan pengiriman peralatan besar dan teknik untuk pabrik. Secara terpisah, PT JEL adalah kontraktor konstruksi dan commissioning untuk proyek tersebut.

Managing Director & CEO JEL, Koichi Watanabe, menyampaikan apresiasinya atas kepercayaan yang diberikan oleh AMMAN. “Kami bangga telah diberikan kepercayaan oleh AMMAN untuk menjalankan proyek ini. Dengan kapabilitas engineering kami dalam membangun fasilitas pembangkit listrik dengan menggunakan berbagai teknologi dan capaian kinerja keselamatan kami, kami yakin bahwa proyek ini akan menambah catatan keberhasilan JEL,” papar Koichi Watanabe.
“Sebagai salah satu perusahaan pertambangan tembaga dan emas terbesar di Indonesia, kami ingin berkontribusi dalam upaya dekarbonisasi, terutama karena kami menyadari bahwa permintaan untuk produk tembaga akan terus meningkat, sejalan dengan visi dunia untuk mencapai ekonomi bersih,” tutup Rachmat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *