Danrem 162/WB Tutup Kegiatan TMMD ke 114 TA 2022 Kodim 1628/WB

Sumbawa Barat – Program TMMD Reguler ke-114 Tahun 2022 di wilayah Desa Senayan Kabupaten Sumbawa Barat digelar mulai (26/07) lalu telah berjalan lancar. Progres sasaran fisik seperti pembangunan Musollah, perbaikan RTLH, infrastruktur jalan Usaha Tani, penyuluhan kesehatan terkait Vaksin Covid-19, pembagian Bansos, Penyuluhan Pertanian, semua itu sukses dilaksanakan selama 1 bulan, Selain itu capaian tersebut juga diimbangi dengan sasaran non fisik seperti pemberian berbagai penyuluhan kepada masyarakat guna menambah wawasan. Semua sudah 100 persen selesai sehingga saat ini hasilnya baik fisik maupun non fisik dapat langsung dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Ucapan terimakasihpun di ucapkan dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., selaku penanggung jawab operasional TMMD, yang dibacakan Danrem 162/WB Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo . S. Sos. MM pada Penutupan TMMD ke 114 di lapangan Bola Desa Senayan Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat pada rabu ( 24/08).

Dalam kata sambutannya, Kasad mengatakan selama kurang lebih satu bulan, para prajurit, Pemda dan masyarakat telah bahu membahu untuk menyelesaikan program TMMD. Kebersamaan tersebut merupakan sinergitas positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, khususnya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di wilayah. Mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat dibutuhkan.

“Dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan ABRI Masuk Desa, kini program yang sudah berlangsung selama 42 tahun ini, manfaatnya semakin dirasakan oleh masyarakat. Baik itu manfaat dari sasaran fisik yang telah dikerjakan maupun non fisiknya” jelas Kasad

Berkenaan dengan telah selesainya semua sasaran pembangunan yang telah terlaksana, Kasad berpesan agar semangat kebersamaan maupun kemanunggalan yang selama ini sudah terjalin antara TNI dengan rakyat kiranya terus dipelihara. Termasuk menjaga semangat gotong royong yang selama ini sudah menjadi warisan budaya Bangsa Indonesia.

“Pelihara terus semangat gotong royong, semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat, jangan mudah terhasut ataupun terprovokasi. Dan yang tidak kalah penting, peliharalah hasil program TMMD ini, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang” pesannya.

Tak lupa mewakili seluruh anggota Satgas TMMD, Kasad juga menghaturkan permohonan maaf kepada masyarakat Desa apabila selama pelaksanaan TMMD terdapat tutur kata, sikap dan tingkah laku para prajurit yang kurang berkenan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Usai upacara Penutupan, Danrem 162/WB bersama ketua Persit Kartika Chandar Kirana Koorcabrem 162 didampingi Forkopimda Sumbawa Barat berkesempatan meninjau Stand baksos memberikan bantuan sembako kepada masyarakat, meninjau stand UMKM yang ada disekitar lapangan upacara dilanjutkan peninjau sasaran fisik titik nol pembukaan jalan baru untuk pemotongan pita serta meresmikan dan menyerahkan bahan kontak kepada pengurus Musallah yang dibangun oleh Anggota TMMD 114 serta penyerahan rumah tidak layak huni menjadi layak huni kepada warga.

Adapun progres capaian semua sasaran sebagai berikut :
a. Pembangunan Rehab dan pelebaran luas Musallah Babussalam Dsn Jembatan Kembar RT 12 dengan luas ukuran induk Panjang 10,15 M × Lebar  7,9 M dan total luas pelebaran musallah yakni Panjang 13 M × Lebar 13 M dengan capaian progres : 100 %.

b. Pembangunan relokasi rumah penduduk semi permanen ( RTLH ) ukuran 4 M × 3,5 M sebanyak 4 unit dengan rincian progres sbb :

Pembangunan RTLH bpk Haeruman RT 12 dusun Jembatan Kembar = 100 %.

Pembangunan RTLH Amaq Syukur RT 12 dusun Jembatan Kembar = 100 %.

Pembangunan RTLH bpk Samron Hadi RT 12  dusun Jematan Kembar  = 100 %.

Pembangunan RTLH bpk Gunawan RT 12 dusun Jembatan Kembar  = 100 %

c. Pembangunan Rumah Panggung ( RTLH ) ukuran 4 M × 3,5 M sebanyak 1 unit milik Amaq Napsiah RT 10  Dusun Jembatan Kembar = 100 %

d. Pembukaan Jalan baru dengan panjang 2.532 M × Lebar 5 M = 100 %

e. Pembangunan Gorong – Gorong sebanyak 8 unit di lokasi pembukaan jalan baru dengan rincian sbb :

1). Gorong  1 ukuran P 240 Cm ×  L 5 M , & T 4 M = 100 %

2). Gorong  2 ukuran P 240 Cm ×  L 550 Cm, & T 450 Cm = 100 %.

3). Gorong 3 ukuran P 1 M ×  L 5 M, & T 240 Cm = 100 %.

4).  Gorong 4 ukuran P 60 Cm ×  L 5 M, & T 150 Cm = 100 %.

5). Gorong 5 ukuran P 60 Cm ×  L 5 M, & T 150 Cm = 100 %.

6). Gorong 6 ukuran P 190 Cm ×  L 5 M, & T 330 Cm = 100 %

7). Gorong 7 ukuran P 240 M ×  L 5 M, & T 430 Cm = 100 %.

8). Gorong 8 ukuran P 60 Cm ×  L 5 M, & T 170 Cm = 100 %

Sasaran tambahan

a. Pembuatan tugu TMMD di titik Nol Jalan baru Dsn Ai Olat capaian : 100 %.
b. *Pembuatan tugu prasasti di Musallah Babussalam RT 12  capaian : 100 %.
c. *Pengerjaan MCK dan tempat Wudhu Musallah Babussalam RT 12 capaian 100 %*

Kegiatan Non Fisik :

a. Penyuluhan Rekrutmen TNI : 100 %
b. Penyuluhan Wasbang 100 %
c. Penyuluhan Pertanian dan Perkebunan 100 %
d. Penyuluhan Hukum : 100 %
e. Penyuluhan KB Kes : 100 %
f. Penyuluhan Narkoba : 100 %
g. Penyuluhan Gul Bencana : 100 %
h. Penyuluhan Gul Covid -19 : 100 %
i. Penyuluhan Posyandu, Stanting dan penyakit tdk menular : 100 %
j. Penyuluhan Penyakit Mulut dan Kuku 100 %
k. Penyuluhan Kamtibmas : 100 %.

Sementara itu ia juga menambahkan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) Tahun 2022 , diharapkan dapat di jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan , Gotong-Royong serta kemanunggalan antara TNI dan Rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Kebersamaan ini juga merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa khususnya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di wilayah.

” Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya penanggung jawab profesional TMMD menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan TMMD ini terdapat tutur kata dan tingkah laku prajurit saya yang tidak berkenan di hati masyarakat baik yang di sengaja ataupun tidak di sengaja, ” tutup Danrem 162/Wira Bhakti.

Danrem 162/Wira Bhakti mengajak seluruh pihak dan masyarakat untuk ikut memelihara dan merawat dengan baik secara mandiri/swadaya semua fasilitas yang telah dibangun dalam TMMD Ke-114, sehingga manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Selain itu, Danrem juga mengimbau untuk melestarikan semangat gotong royong sebagai warisan budaya Bangsa Indonesia. masyarakat juga di harapkan tidak boleh mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan NKRI.

Penutupan TMMD ditandai dengan penandatangan naskah serah terima penutupan TMMD oleh Dandim 1628/SB Letkol Inf Octavian Englana Partadimaja dan Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, ST.

Suasana Kegiatan Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa TMMD Tahun 2022 berjalan cukup meriah.
Ada Penampilan Tari tradisional dari tarian seni SMA 1 Poto Tano ” Tarian Kolong ” dan tarian seni dedara boto dari sanggar seni SMA 1 Poto Tano.
Selain itu ada juga pembagian sembako kepada masyarakat yang di berikan langsung Danrem Danrem 162/WB Brigjen TNI  Sudarwo Aris Nurcahyo, S.Sos.,M.M (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *