Antisipasi virus Corona, SDN 01 Taliwang KSB Larang Siswa dan Guru Salaman

Penapewarta – Sumbawa Barat

Salah satu upaya antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, pihak SDN 01 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mulai memberlakukan larangan bagi siswa dan guru untuk bersalaman saat bertemu atau berpisah, khususnya di lingkungan sekolah.

Kepala Sekolah SDN 01 Taliwang, Rahmatullah, S.Pd,Sd, mengatakan, larangan mulai diberlakukan sejak Senin (16/03/2020) hingga 14 hari kedepan. Menurutnya, larangan bersalaman terpaksa diterapkan pihak sekolah, guna menjaga kesehatan siswa, khususnya dari penularan virus corona melalui media jabat tangan.

” Selama ini, budaya salaman saat masuk kelas dan pulang sekolah selalu diterapkan di SDN 01 Taliwang. Namun untuk sementara, terpaksa kami larang. Memang agak berat diterapkan, terutama hari ini sebagai hari pertama diberlakukan, ” kata Kepsek yang terkenal ramah ini, saat ditemui sejumlah awak media diruang kerjanya. Senin (16/03/2020).

Sebagai langkah antisipasi tambahan, pihak sekolah mewajibkan 487 siswanya untuk mengikuti kegiatan olahraga dibawah siraman matahari pagi. Dilakukan sekitar 5 menit bersama bapak dan ibu guru guna menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Selain itu, disetiap depan kelas telah disediakan sabun dan tempat cuci tangan. Begitu juga dengan kantin sekolah, jajanan tidak diperbolehkan diambil dari luar. Sedangkan saat pulang sekolah, siswa diingatkan untuk langsung pulang ke rumah, tidak keluyuran ke tempat lain, seperti tempat permainan.

Ia berharap, pengawasan terhadap siswa dalam upaya pencegahan virus corona tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah. Mesti diikuti dengan pengawasan ekstra di lingkungan tempat tinggal, terutama dari orang tua.

” Mudah-mudahan keadaan kembali normal seperti biasanya, agar proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik dan tenang seperti hari-hari sebelumnya, ” harap Kepala Sekolah SDN 01 Taliwang.(P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *