Distan KSB: Hasil Registrasi Ternak Akan Diumumkan Desember

Sumbawa Barat – Penapewarta

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berencana untuk mengumumkan jumlah populasi ternak yang ada di bumi Pariri Lema Bariri pada pertengahan Desember 2021.

“Saat ini masih dalam tahap registrasi, kami upayakan rampung dalam satu atau dua minggu , sehingga jumlah pupulasi ternak bisa kita ketahui pada Desember nanti,” terang Kadistan KSB melalui Kepala Bidang Peternakan, Jamilatun. Jum’at (29/10/2021).

pihaknya optimis jika jumlah populasi ternak akan diketahui pada Desember nanti. Pasalnya, dari seluruh kecamatan, tinggal kecamatan Sekongkang yang belum melaksanakan registrasi ternak.

“Kami berharap tidak ada kendala dan registrasi bisa rampung dalam waktu dua minggu. Kami juga berharap warga kecamatan Sekongkang yang memiliki Ternak untuk Bisa Pro Aktif mengikuti kegiatan Registrasi dan Pengkartuan Ternak karena selain gratis, juga banyak manfaat yang akan didapat peternak,” jelasnya.

Kepala Bidang Peternakan Distan KSB, Jamilatun

Ia menambahkan, registrasi ternak bertujuan untuk mengetahui Populasi Ternak Sapi dan sebarannya sebagai dasar penentuan kebijakan dan perencanaan pembangunan peternakan dan kesehatan hewan. Adapun manfaat bagi peternak, melalui kartu ternak yang dimiliki akan menjadi identitas ternak yang dimiliki dan memudahkan Peternak untuk menjual atau memotong hewan ternaknya.

Untuk diketahui, Populasi Ternak Besar (Sapi, Kuda dan Kerbau) di Sumbawa Barat pada tahun 2020 berjumlah 106.107 ekor. Sementara untuk Ternak Kecil (Kambing, Domba dan Babi) berjumlah 18.792 ekor dan populasi Unggas dan aneka ternak (Ayam, Puyuh, Rusa, Itik, Entok, Kalkun dan merpati) berjumlah 198.481 ekor.

“Untuk jumlah populasi ternak tahun ini, kita masih menunggu hasil registrasi dari kecamatan Sekongkang. Jika sudah rampung, baru kita akan mengetahui apakah populasi ternak di Sumbawa Barat, menurun atau meningkat,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *