Ratusan Pohon Kelapa Akan Ditanam di Pesisir Pantai Maluk

Sumbawa Barat – Penapewarta

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam waktu dekat akan melaksanakan kegiatan penghijauan di pesisir pantai Maluk kecamatan Maluk. Dalam tahap awal nanti, akan ditanam 139 pohon kelapa berbagai jenis yang berasal kebun dinas pertanian setempat.

Kadistan KSB melalui Kepala Bidang Perkebunan dan Holtikultura, Nurdin, S.Pt mengatakan, penanaman akan dimulai saat pemindahan bibit kelapa dari kebun dinas sudah rampung. Penanaman akan dilaksanakan serentak dan akan dipimpin langsung oleh Kodim 1628 Sumbawa Barat dengan melibatkan stake holder terkait.

“Tahap awal akan ditanami 108 pohon kelap jenis biasa dan 29 jinis kopyor. Penanamannakan dimulai saat pemindahan bibit dari kebun dinas pertanian sudah rampung,” jelas Nurdin. Rabu (03/11/2021)

“Untuk jadwal penanamanya nanti akan diumumkan. Saat ini kami fokus untuk memindahkan 137 bibit pohon kelapa ke kecamatan Maluk,” sambungnya.

Ia menambahkan, keadaan pantai Maluk yang minim pohon kelapa telah mendapat perhatian dari Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H W Musyafirin, MM. Orang nomor satu di bumi Pariri Lema Bariri ini, telah menginstuksikan OPD terkait untuk melakukan penanaman karena akan memberi banyak manfaat untuk lingkungan dan masyarakat setempat.

Salah satu manfaat dari adanya pohoh kelapa di pesisir pantai yakni untuk menahan abrasi dan gelombang pasang. Sebab itu, keberadaan pohon kelapa nanti mesti dijaga dan dirawat bersama agar tumbuh dengan baik.

“Keberadaan pohon kelapa di pesisir pantai juga akan menambah pesona dan keindahan pantai maluk. Kami yakin, nantinya akan lebih banyak wisatawan yang datang ke pantai Maluk,” imbuhnya.

Seperti diketahui, selain pantai Maluk di kecamatan Maluk yang menjadi tujuan wisatawan, juga terdapat pantai lainnya yakni pantai Yoyo dan Trophy. Pantai di kecamatan Sekongkang ini, kerap dijadikan tempat olahraga surfing. Sama halnya dengan pantai Jelenga di kecamatan Jereweh.

Kedepan, jika penghijauan di seluruh pesisir pantai telah terlaksana, diharapkan akan bermanfaat bagi masyarakat setempat dan menarik lebih banyak wisatawan yang datang ke Sumbawa Barat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *