Distan KSB: Ketersediaan pupuk MT3 Mencukupi

Sumbawa Barat – Penapewarta

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sumbawa Barat memastikan ketersediann pupuk bersubsidi untuk kebutuhan Musim Tanam tiga (MT3) tanaman padi dalam tahun ini akan memenuhi kebutuhan petani.

“Ketersediaan pupuk bersubsidi kita pada MT3 untuk bulan November dan Desember masih sebanyak 1.653 ton. Kami yakin dengan Jumlah ini akan memenuhi kebutuhan pupuk petani,” kata Kadistan KSB melalui kepala Bidang Tanaman Pangan, Idrus SH. Rabu (27/10/2021).

Ketersediaan pupuk bersubsidi terdiri dari UREA, NPK dan ZA ini, rencananya akan disalurkan ketingkat pengecer dalam waktu dekat. Ini sejalan dengan hasil pantaun Distan KSB pada lahan pertanian di beberapa kecamatan yang sudah mulai dibajak untuk bercocok tanam.

“Penyalurannya sedang dalam proses.kami upayakan akan sampai ke tangan petani sebelum usia tanaman mencapai 2 atau tiga minggu,” jelasnya.

Idrus,SH Kepala bidang Tanaman Pangan Distan KSB

Target lahan tanam padi untuk MT3 yakni seluas 6080 hektar lahan. Sesuai jadwal target ini diupayakan dapat terlaksana dalam empat bulan, dengan puncak tanam dilakukan pada musim penghujan di bulan Nopember – Desember.

“Untuk MT3 pada bulan September dan Oktober, penanaman dan penyaluran pupuk sudah dilakanakan sesuai target. Tinggal penanaman untuk dua bulan in (November) dan Desember, mudah-mudahan tidak ada kendala baik itu dalam penanaman maupun pemupukan,” harap Idrus.

Selain itu, Idrus juga berharap agar petani dapat menyampaikan keluhan atau kendala yang dihadapi dalam musim tanam. Hal itu bisa disampaikan langsung atau melalui kelompok tani kepada petugas lapangan maupun mendatangi kantor Distan KSB.

“Kami akan selalu siap membantu. Jika ada persoalan dan hal yang ingin ditanyakan, sampaikan saja kepada petugas lapangan atau bisa langsung datang ke kantor. Mudah-mudahan setiap persoalan yang muncul bisa ada solusi,” tandasnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *