Honor 4 Bulan Belum Dibayar, RT dan Kadus Lamunga Geruduk Kantor Desa Batu Putih

Sumbawa Barat – Penapewarta

24 perangkat desa persiapan Lamunga terpaksa mendatangi kantor desa Batu Putih (desa induk) kecamatan Taliwang guna meminta kejelasan terkait honorarium yang belum diterima

Menurut Sekretaris Desa Persiapan Lamunga, Syamsuddin, S.Sos, sebanyak 14 ketua RT, 4 Kadus dan 5 orang staf desa terpaksa mendatangi kantor desa Batu putih karena honor selama 4 bulan belum juga diterima.

Sekretaris desa persiapan Lamunga, Syamsuddin

“Ini sudah tahun 2021 dan kami sudah bosan dijanjikan, dari itu kami datang untuk bertemu Kepala Desa untuk meminta kejelasan,” kata sekretaris desa persiapan Lamunga, Syamsuddin, S.Sos di Aula kantor desa Batu Putih. Senin (11/01).

Total honorarium yang belum dibayarkan selama 4 bulan adalah sekitar Rp 110.600.00,-. Hasil penusuran para unjung tombak pelayanan masyarakat desa persiapan Lamunga, menemukan bahwa rekening koran desa Batu putih menunjukkan saldo akhir sekitar Rp 600 ribu. Artinya kemungkinan telah ada pencairan dan seharusnya honorarium atau insentf telah disalurkan.

“Kami berharap pak kades dapat menyelesaikan masalah ini dan menjelaskan kepada kami kenapa honorarium belum juga diberikan,” ujar Syamsuddin.

Kepala Desa Batu Putih, Syahriluddin

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Batu Putih, Syahriluddin menerima langsung kedatangan para perangkat desa persiapan Lamunga. Setelah beberapa saat pertemuan digelar, Ia berinisiatif untuk membayar sebagian apa yang menjadi tuntutan para ketua RT, kadus dan staf desa, yakni sebanyak Rp 60 juta, dan sisanya akan dibayar satu minggu kemudian.

“Uang Honorarium tidak diselewengkan. Ada persoalan di aplikasi karena terdapat selisih penggangaran sekitar Rp 90 juta. Sebelumnya kami sempat mengecek dan anggarannya masih ada, namun pas waktu pengecekan terakhir, anggaran tersebut sudah tidak ada,” jelas Kades Batu Putih.

Dari itu, Kades Batu Putih akan menelusuri permasalahan tersebut, termasuk menanyakan lebih detail ke bendahara desa yang saat ini berhalangan hadir dalam pertemuan.

Untuk diketahui, pertemuan para Ketua RT dan Kadus Desa Lamunga yang mendapat pengawalan dari Babinsa dan Bhabinkamtipmas desa Batu Putih.

Ikut hadir dalam pertemuan, Ketua Karang Taruna desa Persiapan Lamunga dan Mantan Kades Batu Putih, Muslimin. Kedatangan mereka didasari rasa prihatin karena honor para ujung tombak pelayanan masyarakat selama empat bukan belum juga diberikan.

“Mudah-mudahan persoalan ini cepat terselesaikan dan menjadi pelajaran bagi perangkat desa, khususnya desa persiapan Lamunga. Agar kedepannya jika sudah menjadi desa definitif dapat lebih berhati hati terkait keuangan desa dan terhindar dari persoalan hukum,” tandas Muslimin.(P-01)

Mantan Kades Batu putih, Muslimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *