Kelompok PKM Jatibaru, Tanggani Beberapa Kasus Hipertensi, DBD dan Shunting

Kota Bima – Penapewarta

Kecamatan Asakota Kota Bima saat ini di laporkan terdapat beberapa kasus kesehatan, seperti Hipertensi (Tekanan darah tinggi), Demam Berdarah Dengue (DBD) maupun Shunting. Hal ini sesuai demgan laporan dari 8 orang mahasiswa Politeknis (Poltekes) Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Mataram yqng saat ini tengah mengikuti kegiatan program Kulia Kerja Nyata (KKN) Terpadu Inter Profesional Education (IPE),Kelompok PKM Jatibaru.

Menurut Satya Wibowo Rahmani, selaku Ketua Kelompok PKM Jatibaru KKN Terpadu Poltekes Kemenkes Mataram Angkatan XIII/2020, penemuan beberapa kasus tersebut mencuat setelah peserta KKN melakukan pemeriksaan di beberapa posyandu pada Rabu (04/03/2020) kemarin. Posyandu dimaksud, yakni Posyandu di Kelurahan Jatiwangi Satu, Kelurahan Jatiwangi Dua, Posyandu Lela Satu (Kelurahan Jatibaru), Lela Dua dan Posyandu Kelurahan Melayu.

Dalam pelaksanaan KKN, PKM Jatibaru ditempatkan dibeberapa kelurahan, seperti Kelurahan Melayu, Ule, Jatiwangi, Jatibaru Barat dan Kelurahan Jatibaru Timur, jadi penemuan beberapa kasus tersebut diketahui saat pihaknya mendampingi tenaga medis dari Puskesmas (PKM) Jatibaru.

“ Di kelompok KKN Terpadu kami menemukan 10 kasus Shunting (Efek pertumbuhan anak) akibat kekurangan gizi saat dalam kandungan di Kelurahan Jatiwangi, 7 warga postitif DBD serta banyaknya warga di Lingkungan Spaga yang mengalami hipertensi di usia 32 Tahun ke atas,” ujar mahasiswa Prodi D-III Analis Mataram ini pada Selasa (10/03/2020).

Ia menambahkan, untuk 10 anak yang masuk kasus Shunting tersebut kini di tangani secara serius oleh Puskemas Jatibaru dengan di berikan makanan dan gizi setiap 10 hari sekali dan program ini masuk kelas gizi bagi PKM Jatibaru.

Sementara kasus hipertensi, di temukan para mahasiswa ini setelah melakukan pemeriksaan gratis di Lingkungan Spaga Kamis (05/03/2020) dan pada pemeriksaan asam urat, kolesterol, Hemoglobin (HB) dan ternyata warga di sana banyak di ketemukan yang tekanan darah tinggi hingga puluhan orang.

Ketua Kelompok Satya Wibowo Rahmani menambahkan, selain pemeriksaan kesehatan oleh mahasiswa KKN Terpadu IPE ini, pada Jum’at (06/03/2020) juga telah melakukan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada siswa Kelas VII hingga Kelas IX di SMP Negeri 7 Kota Bima. Ini dilakukan bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bima.

Keesokan harinya, Sabtu (07/03/2020) bertempat di halaman Kantor Puskesmas Jatibaru juga dilaksanaka program rutin PKM Jatibaru berupa senam jantung dan senam kebugaran bagi Lansia.

” Kelompok kami menempati Posko di RT 01 Kelurahan Manggemaci Kecamatan Mpunda. Terdiri dari 2 orang mahasiswa asal D-III Analis Mataram, dan masing-masing satu orang dari 5 Prodi, seperti dari D-IV Analis Mataram, D-III Keperawatan Mataram, D-IV Keperawatan Mataram, D-III Keperawatan Bima, D-IV Keperawatan Bima, D-III Kebidanan Mataram dan D-IV Kebidanan Mataram, ” papar Satya. (P.06)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *