KPU KSB Launcing Tahapan dan Maskot MARAS Pilkada 2020

Penapewarta – Sumbawa Barat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melaunching tahapan pelaksanaan Pilkada KSB 2020 di Taman Tiang Nam, Kelurahan Arab Kenangan, Taliwang, Sabtu (30/11/2019) malam.

Pada kesempatan tersebut, KPU KSB juga memperkenalkan Maskot, Jinggle, Tagline, Video serta Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat 2020.

” Launcing sebenarnya akan digelar pada awal november. padatnya jadwal kegiatan pemerintah daerah, terpaksa kami undur dan baru bisa kami laksanakan pada malam ini, ” kata Ketua KPU KSB, Denny Saputra.

Sejauh ini, KPU KSB telah menyiapkan tahapan perencanaan untuk suksesnya pemilihan Bupatin dan Wakil Bupati. Tahapan mulai bergulir pada Desember 2019 untuk calon perseorangan. Dilanjutkan Februari 2020 dengan melakukan rekrutmen badan ad hoc penyelenggara ditingkat desa dan kecamatan.

” Selanjutnya pengajuan bakal calon Bupati dan bakal calon Wakil Bupati dijadwalkan pada bulan Mei 2020. Partai politik dapat mengajukan bakal calonnya dalam bulan tersebut dan akan ditindaklanjuti oleh KPU untuk ditetapkan sebagai pasangan calon (jika memenuhi syarat) pada bulan Juni 2020, ” Papar Denny Saputra

Ia menyampaikan Terima Kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya pileg dan pilpres Serentak 2019 dengan aman, damai, tanpa ada kendala. Selain itu Denny mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat 2020 mendatang.

Adapun Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020, yakni berbentuk Lebah menggunakan pakaian khas Sumbawa Barat “Saputobo”. Filosofi dari maskot tersebut agar KPU KSB dapat bekerja layaknya lebah yang selalu bekerja keras, Disiplin, penuh tanggungjawab serta menghasilkan sesuatu yang bermanfaat layaknya “Madu”.

Maskot tersebut diberikan nama “MARAS” yang memiliki arti “Mandiri, Akuntabel, Rasional, Aman dan Sukses” nilai-nilai inilah yang diharapkan dapat hadir dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat 2020.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST, dalam sambutan, mengingatkan KPU agar dalam penyelenggaraan pemilihan Bupati dan wakil Bupati nanti untuk tidak condong kepada salah satu pasangan calon. Hal yang sama juga ditujukan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

” Uang Rakyat yang dipakai untuk penyelenggaraan pilkada tidak sedikit. KPU dan Bawaslu harus mampu menyelenggarakan pemilihan dengan baik agar melahirkan pemimpin yang amanah dan berkwalitas, ” pesan Wabup.

Pantauan media ini, launcing tahapan dan maskot pilkada KSB juga dihadiri oleh, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah beserta jajaran Organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat. Turut hadir Komisioner KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Seluruh Komisioner KPU Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat. (P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *