KPU KSB Tetapkan Pasangan Calon Perseorangan Minimal Punya 8.945 Pendukung

Penapewarta – Sumbawa Barat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menetapkan syarat dukungan bagi pasangan calon perseorangan yang ingin maju dalam kontestasi pilkada Sumbawa Barat 2020 mendatang.

Penetapan syarat dukungan bagi pasangan calon perseorangan ini, ditetapkan dalam rapat pleno yang di hadiri oleh seluruh Komisioner KPU KSB beserta jajaran Sekretariat pada Sabtu (26/10/2019).

Berikut hasil rapat pleno tentang Persyaratan Calon Perseorangan yang menghasilkan Surat Keputusan Nomor 52/PL.03.2-Kpt/5207/Kab/X/2019 Tentang Persyaratan Dukungan dan Persebaran Dukungan Paling Sedikit Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2020.

SATU : Menetapkan Persyaratan Dukungan Dan Jumlah Sebaran Paling Sedikit Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2020.

KEDUA : Pasangan calon perseorangan dapat mendaftarkan diri sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2020 apabila memenuhi syarat dukungan dengan ketentuan :

  1. harus didukung sekurang-kurangnya 10% (sepuluh persen) dari jumlah Penduduk Kabupaten Sumbawa Barat yang mempunyai hak pilih dan termuat dalam daftar pemilih tetap pada pemilihan umum Tahun 2019 yaitu sejumlah 89.442 (delapan puluh sembilan ribu empat ratus empat puluh dua) jiwa.
  2. jumlah dukungan sebagaimana dimaksud pada angka 1 harus tersebar di lebih dari 50% (lima puluh persen) jumlah kecamatan di Kabupaten Sumbawa Barat.

KETIGA : Dukungan sebagaimana dimaksud pada Diktum kedua, Pasangan calon perseorangan harus memenuhi dukungan paling sedikit 8.945 (delapan ribu sembilan ratus empat puluh lima) pendukung dan harus tersebar paling sedikit di 5 (lima) kecamatan dari 8 (delapan) jumlah kecamatan di Kabupaten Sumbawa Barat.

KEEMPAT : Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, 26 Oktober 2019.

(P-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *