Nelayan KSB Akan Dapat Bantuan 9 Kapal Penangkap Ikan

Sumbawa Barat – Penapewarta

Sembilan kelompok nelayan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam waktu dekat akan mendapat bantuan kapal penangkap ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) KSB, Slamet Riyadi, mengatakan, tiap kelompok nelayan penerima akan mendapat satu unit kapal komplit senilai Rp 120 juta yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

“Kami sedang menyusun perkada, setelah rampung akan kami rilis bersama pengumuman lelang, nilai dari 9 kapal itu Rp 1,80 M,” katanya. Kamis (09/07/2020)

Dijelaskan, sebelumnya DAK sempat dialihkan atau direfocusing anggaran untuk kebutuhan penanggulangan penanganan Covid-19. Saat ini anggaran tersebut telah dimunculkan kembali dan DKP KSB tengah melakukan penyusunan terhadap dana ini, menyusul adanya instruksi PMK 76 bahwa semua program yang direfocusing 2020 harus dikembalikan lagi.

“pengadaan kapal nantinya akan melalui proses tender dan jika sudah ada pemenang akan kami tindaklanjuti dengan verifikasi kelompok penerima,” jelasnya.

Kelompok nelayan laut penerima bantuan ini, tersebar di tiga kecamatan, yakni, Poto Tano, Taliwang dan Sekongkang.

Ia berharap, bantuan tersebut nantinya akan bisa dimanfaatkan dan diberdayakan guna mendukung peningkatan kesejahteraan nelayan yang ada di bumi Pariri Lema Bariri. (P-01).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *