Pemprov NTB Upayakan Perbaikan dan Peningkatan Ruas Jalan di Pulau Sumbawa

Penapewarta – Bima

Komitmen Pemprov NTB melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk segera melakukan perbaikan dan peningkatan jalan provinsi di Pulau Sumbawa telah disampaikan Gubernur NTB, Zulkiefli Mansyah di berbagai kesempatan.

Hal tersebut ditindaklanjuti oleh Balai Pengawas Jalan Provinsi (BPJP) Pulau Sumbawa untuk sesegera mungkin menanggulangi perbaikan kondisi 36 ruas jalan.

“Tahun 2020 hingga 2021, Pemprov menganggarkan perbaikan seluruh ruas jalan Provinsi yang rusak. Tahun ini segera akan dilaksanakan setelah proses tender dan pemenang,”kata, kepala BPJP Pulau Sumbawa, M. Taufik Hidayat, dalam keterangan persnya hari ini. Kamis (09/01/2020).

BPJP NTB kata Taufik, bertugas melakukan fungsi pemeliharaan jalan yang menjadi kewenangan Provinsi di Pulau Sumbawa. Sementara peningkatan ruas jalan serta perbaikan dilaksanakan Dinas PU NTB.

Saat ini, balai jalan telah mendata dan melakukan pembersihan sejumlah ruas jalan yang tertimpa longsor atau tergerus banjir, di Bima. Untuk memastikan, jalan jalan tersebut tetap bisa di lalui dan mengurangi kerawanan lalulintas.

Pihaknya bahkan telah berkoordinasi dengan perintah kecamatan dan kabupaten untuk memastikan pengerahan peralatan alat berat sebagai upaya pembersihan dan pembenahan taktis.

“Sesuai arahan pimpinan, kami berkewajiban memastikan pemeliharaan dan penanganan ruas jalan provinsi yang diterjang longsor dan banjir. Pemprov NTB berkomitmen terus menjaga kualitas dan standar jalan provinsi tentap layak dan baik,” ujarnya.

Berdasarkan data balai jalan NTB, sedikitnya terdapat 36 ruas jalan provinsi di Pulau Sumbawa. Tiga ruas di Kabupaten Sumbawa Barat,12 ruas di Kabupaten Sumbawa Besar, tiga ruas di Kabupaten Dompu, empat ruas di Kota Bima, dan 14 ruas di Kabupaten Bima. Dengan total panjang jalan 956, 27 kilometer.(P-06)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *