Sekda KSB Lepas Tim Ekspedisi Talonang 2022

Sumbawa Barat – Penapewarta

Sebanyak 20 Wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berangkat menuju Desa Talonang Baru kecamatan Sekongkang pada Sanin pagi (22/08). Keberangkatan awak media dalam rangka ekspedisi Talonang tersebut, dilepas langsung oleh Sekretris Daerah KSB, Amar Nurmasyah.

“Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi kegiatan ini, mudah-mudahan PWI KSB mampu mengeksplore apa yang ada di daerah tujuan, baik itu fisik ataupun potensi-potensi pengembangan yang memungkinkan,” kata Sekda

Ia menambahkan, akses jalan menuju ke Desa Talonang Baru saat ini sudah sangat baik, hotmix telah dilakukan hingga ke titik desa Talonang.

Sekda berharap, kehadiran PWI KSB di desa Talonng baru dapat memberikan pencerahan dan menggali informasi, baik itu keluhan maupun kebetuhan dari masyarakat setempat.

“Harapan saya yang terakhir, PWI KSB bisa memberikan selayang pandang dari cara media menyampaikan tentang apapun kebutuhan masyarakat, sehingga pemerintah daerah punya referensi akan program-program yang akan dilaksanakan kedepannya,” tandas Sekda

Sementara itu, Ketua PWI KSB, Khairil W Zakariah, mengatakan, Ekspedisi Talonang akan dipusatkan di Desa Talonang Baru Kecamatan Sekongkang dengan berbagai agenda. Agenda – agenda tersebut merupakan bagian dari upaya mendukung investasi berkelanjutan yang memiliki komitmen kuat untuk pelestarian lingkungan dan memberi azas manfaat untuk masyarakat.

“Para wartawan yang menjadi peserta ekspedisi nantinya akan mengeksplore potensi pariwisata, pertanian, upaya pelestarian lingkungan, serta pemberdayaan masyarakat di wilayah selatan,” jelas ketua PWI KSB.

Selain itu, lanjut Khairil, PWI bekerjasama dengan PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) juga melaksanakan kegiatan donasi untuk siswa kurang mampu di sekolah satu atap di Desa Talonang Baru sebagai bentuk dukungan untuk keberlangsungan pendidikan anak-anak di desa setempat.

Agenda lainnya dari Ekspedisi Talonang adalah kunjungan tambang ke Site Batu Hijau untuk melihat langsung program reklamasi, kunjungan ke lokasi pabrik smelter yang masa konstruksinya akan dimulai pada oktober mendatang, serta kunjungan ke Kampung Ombak di Kecamatan Maluk terkait program pendidikan vokasi yang telah dilaksanakan AMMAN. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *