Sumbawa Barat Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Penapewarta – Sumbawa Barat

Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kembali menorehkan prestasi dalam tahun 2019. Kali ini dinobatkan sebagai kabupten peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2018.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Dirjen Hak Asasi Manusia, Dr. Mualimin Abdi dan diterima oleh Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W Musyafirin, MM. Bertepatan dengan pelaksanaan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia ke-71, di Gedung Merdeka Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/12/2019).

Selain Sumbawa Barat, penghargaan juga diberikan kepada 271 Kabupaten/Kota memenuhi kategori Peduli HAM, dan 96 Kabupaten/Kota dikategorikan Cukup Peduli HAM.

Untuk tahun 2018 sendiri, tercatat sebanyak 425 kabupaten/kota (dari jumlah keseluruhan 514 kabupaten/kota di Indonesia) yang telah berpartisipasi menyampaikan data capaian terkait upaya pemenuhan hak dasar yang telah dilaksanakan.

” Upaya pemerintah khususnya di KSB dalam pemenuhan hak asasi manusia tak terlepas dari peran serta masyarakat yang telah ikut bahu membahu dalam penegakan Hak Asasi Manusia, sehingga mengantarkan Kabupaten Sumbawa Barat menerima apresiasi sebagai Kabupaten Peduli HAM, ” kata Bupati KSB dalam sambutannya.

Menurutnya, untuk meraih prestasi di kategori Kabupaten/Kota peduli HAM, Pemda Sumbawa Barat bersama seluruh komponen masyarakat telah berkomitmen tinggi untuk pengupayakan pemenuhan hak dasar. Upaya tersebut membuahkan hasil, dan mendapat penghargaan sebagai kabupaten/kota peduli HAM yang merujuk pada upaya pemerintah daerah kabupaten/kota untuk meningkatkan peran dan tanggung jawabnya dalam penghormatan, pemenuhan, perlindungan, penegakan dan pemajuan hak asasi manusia.

Selain penganugerahan tersebut, telah dilaksanakan juga berbagai rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari HAM Sedunia ke-71. Diantaranya Seminar yang bertemakan “Democracy & Freedom of Speech” di Universitas Trisakti, Seminar “Bussiness and Human Rights” di Universitas Bina Nusantara, Seminar “Pelayanan Publik yang Berkeadilan” di Universitas Sriwijaya dan Seminar Nasional 2019 “Paradigma Generasi Milenial dan Perlindungan Hak dalam Era Digital” di Universitas Padjajaran.

Hadir dalam acara penganugerahan tersebut, Menteri Hukum dan HAM, Gubernur Jawa Barat, Walikota Bandung (sebagai tuan rumah) dan para Gubernur, Bupati dan Walikota yang terpilih mendapat penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM serta Kepala UPT yang menerima penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM di Kemenkumham. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *